Yulhasni: Sosialisasi Pilkada Model Baru Menggunakan Media Sosial

Sentralberita|Medan~Komsioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) menyampaikan KPU kabupaten /kota harus melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) sekreatif mungkin.

Pasalnya cara-cara konvensional seperti mencetak selebaran, beriklan di media massa, dan poster sudah tidak bisa lagi diandalkan. Hal ini disampaikan Yulhasni dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018 di Hotel Polonia Medan, Kamis (4/1/2018) dalam rangka Pilgubsu 2018.

Menurut Yulhasni, sosialisasi model baru yang bisa dicoba untuk menyosialisasikan pilkada kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial karena umumnya masyarakat saat ini sudah menggunakan media elektronik dalam mengakses informasi apapun.

“Jumlah pengguna internet di Sumut juga sudah sangat besar,” tambahnya.

Yulhasni menyarankan agar KPU kabupaten/kota memperbaharui setiap informasi yang sedang berjalan saat pilkada, seperti tahapan pilkada, nama-nama calon yang sudah ditetapkan, dan visi-misi calon di media sosial.

Menurutnya, KPU kabupaten/kota harus membuat akun sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube. “Rekrut tenaga pendukung yang bisa mengelola semua akun tersebut,” ujarnya. Dengan sosialisasi yang kretif ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada tahun depan.

Bimtek ini dihadiri oleh delapan KPU kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada pada Rabu, 27 Juni 2018 mendatang. Selain itu juga hadir Komisioner KPU Sumut Benget Manahan Silitonga, Kepala Bagian Hukum dan Teknis dan Partisipasi Masyarakat (Tekmas) Maruli Pasaribu, Kepala Sub Bagian Tekmas Harry Dharma Putra beserta staf KPU Sumut.(SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan