Pomparan Guru Nilaingan Siregar Silo Marsombu Sihol Gelar Munas Membangun Bona Pasogit

Sentralberita| Medan~Pomparan Guru Nilaingan Siregar Silo menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Desa Siregar Aek Nalas Sigaol Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara (Sumut), Jumat (5/1/2017). Ratusan peserta Munas marga Siregar, boru, bere dan Ibebere yang tinggal di Bona Pasogit dan di perantauan berkumpul silaturahmi “Marsombu Sihol” ke kampung halaman.

Menurut salah satu panitia Munas Kader Siregar mengatakan, Munas digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (5-6/1/2017). Untuk agenda Jumat yakni untuk pemilihan pengurus Punguan Pompar Guru Nilaingan Siregar Silo yang ada diseluruh dunia. Acara di hariJumat pagi dimulai senam sehat dan kebaktian selanjutnya pemilihan pengurus. Sedangkan untuk Sabtu yakni pelantikan pengurus dan silaturahmi diiringi tortor gondang olopolop dan hiburan artis ibukota.

Dikatakan Kader Siregar, tujuan dibentuknya punguan untuk menyatukan persepsi seluruh pomparan yang berhasil diperantauan membangun Bona Pasogit Siregar Aek Nalas. Tentu, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi seluruh pomparan Guru Nilaingan.

Adapun program yang digagas yakni membangun Siregar Aek Nalas sebagai daerah wisata yang terletak di pinggiran Danau Toba. Seluruh pomparan sepakat untuk meningkatkan tujuan wisata ke Siregar. Melalui kekompakan pomparan berharap akan tercipta kesatuan (hasadaon) keinginan membangun Bona Pasogit.

Kepada keturunan Guru Nilaingan yang berhasil diperantauan sepakat akan membangun bona pasogit dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang tinggal disana. Seperti memberikan bantuan bibit pohon produktif dan bantuan sosial. Bentuk bantuan ke depan akan disalurkan melalui Koperasi.

Ditambahkan, selain untuk melakukan pemilihan pengurus pomparan Guru Nilaingan Siregar Silo periode 2018-2023. Munas juga akan merumuskan rencana kerja seperti yang ada di AD/ART dan tentu disempurnakan pengurus yang baru terpilih.

Pada kesempatan itu, Kader Siregar berharap adanya perhatian pejabat Pemkab Tobasa tetap memperhatikan pembangunan infrastruktur ke Siregar Aek Nalas sebagai tujuan wisata. (SB/Lam)

Comments

Tinggalkan Balasan