IPEMI Dapat Bantuan Modal PTPN

Sentralberita| Medan~IPEMI yakni singkatan dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia sudah berdiri 21 April 2015 di Jakarta. Namun, di Medan baru berdiri 1 tahun 1 bulan. IPemi sendiri yakni kumpulan ibu-ibu rumah tangga, pengusaha, pengacara, notaris dan lain-lain yang kesemuanya Muslimah.

“ Kita ingin ibu-ibu rumah tangga Muslimah di Sumatera Utara lebih punya kegiatan positif dan berdaya. Baik untuk mandiri bagi diri sendiri juga bisa membantu perekonomian dalam rumah tangga sendiri,” kata Ketua IPEMi Sumut, Hj Yulidar Bugis SE saat ditemui di selah-selah Pengajian perdana Humairoh, Kamis 21 Januari di Cafe White Hause Jl KH Wahid Hasyim.

IPEmi sendiri, kata Yuli, cenderung mengangkat ibu-ibu rumah tangga lebih ke bidang usaha masing-masing. Dalam perjalanan IPEmi sendiri sudah memiliki sekitar 500 anggota yang tersebar di Sumatera Utara. “ IPEmi sudah ada di Kabupaten Tingkat II Langkat, Binjei, Deli Serdang, Batu Bara, Siantar dan lain-lain,” cetus Yuli.

Menurut Yuli, hampir mencapai 80% ibu-ibu yang bergabung di IPEMi yang memiliki usaha. Jadi,” cuman 20% saja ibu-ibu di IPEMI yang belum punya usaha. Tujuan kami membentuk IPEMI ini agar ibu-ibu lambat laun bisa punya usaha juga Sehingga bisa meningkatkan taraf perekonomian keluarga dan masyarakat di Sumatera Utara khususnya bagi ibu-ibu Muslimah. “

Bergabung di IPEMI bisa saling mengisi dan saling berkesinambungan. IPEMI sendiri sampai saat ini sudah membuat beberapa kegiatan. “ Kami sudah buka gallery, untuk pelatihan-pelatihan menjahit, kuliner, salon muslimah di kawasan Asam Kumbang. Serta café White House di Jl KH Wahid Hasyim. Selain itu kami juga bisa memasarkan kerajinan-kerajinan dari tiap-tiap daerah yang ada di Sumatera Utara,” ujar ibu dari 3 orang anak dan 1 orang cucu ini.

IPEMI sudah ada di 34 Provinsi di seluruh Indonesia di Kabupaten Kota dan 1200 di Pedesaan. Ketua pusat IPEMI di Jakarta yakni Inggrid Tansil. Saat ini IPEMI juga sudah buka cabang di Luar Negeri seperti di Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Dubai.

Bahkan, “ dalam waktu dekat kami juga akan melantik IPEMI di Australia. Semua program dan visi misi IPEMI sudah disusun di pusat dan sama di setiap cabang di seluruh Indonesia dan Luar Negeri,” ujar Yuli menambahkan IPEMI tidak dikutip biaya pendaftaran,” hanya uang iuran saja dikutip per bulan sebesar Rp 30 ribu.”

Yang paling membantu bagi ibu-ibu yang bergabung di IPEMI jika butuh tambahan modal untuk meningkatkan usaha bisa meminjam dana. “ Kebetulan dari pihak PTPP 4 ada menyalurkan program peminjaman dana atau modal untuk bantuan meningkatkan usaha. Asal syaratnya lengkap pinjaman langsung keluar,” papar Yuli.

Menurut Yuli, pinjaman yang diberikan PTPN 4 itu juga jauh dibawa rata-rata bunga bank. Tapi,”dibatasi harus pengusaha-pengusaha yang produktif yang lebih mudah diberikan pinjaman modal. Kalau pengusaha produktif kan ada usaha untuk lebih memajukan usahanya lagi,” tutup Yuli. (SB/Debby S)

Comments