DPRD Minta Prosedur Pembuatan SIM Dipermudah

Sentralberita| Medan~ SIM merupakan syarat untuk mengemudikan kendaraan seperti sepeda motor, mobil dan truk. Banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari kendaraan tersebut.

Namun dalam kenyataan pengurusan SIM sangat sulit di Satlantas Polrestabes , karena itu sejumlah Anggota DPRD Medan  meminta agar prosedur pembuatan SIM dipermudah, karena merupakan kebutuhan rakyat Medan.

Anggota DPRD Medan, Drs Godfried Effendi Lubis MM, Rabu (10/1) menanggapi banyaknya keluhan warga dalam pengurusan SIM tersebut,  bahkan harga yang harus dikeluarkan warga untuk memiliki SIM bisa mencapai Rp.850 ribu atau lebih kalau melalui calo harus mendapat perhatian dari Kapolrestabes Medan.

“Kalau mengurus sendiri dan mengikuti prosedur yang ada, warga mengeluh tidak akan bisa cepat selesai dan akan sering tidak lulus dalam tes. Kondisi ini sangat memprihatinkan,”ujar Politisi Gerindra ini lagi seraya mengharap agar Satlantas Polrestabes Medan mempermudah pengurusan SIM.

Sudah ada standar harga yang sudah ditetapkan, namun di lapangan, masyarakat harus membayar jauh di atas harga standar yang ditetapkan. Hal itu harus mendapat perhatian dari Kapolrestabes yang baru saja dilantik di Medan. “Kapolrestabes harus meninjau langsung proses pembuatan SIM di Satlantas, agar tahu kondosi sebenarnya,” ujarnya lagi.

Sudah banyak masyarakat protes dengan sulit dan mahalnya pembuatan SIM di Satlantas Polrestabes Medan, ujarnya. Untuk memperlancar pengurusan SIM, Polrestabes Medan dianjurkan Lubis agar membuat tempat uji dan pelatihan yang layak agar masyarakat bisa berlatih di sana, bukannya menyerahkannya kepada pihak ketiga, sebutnya lagi. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan