Waspadai Difteri, Dinkes Asahan Himbau Orang Tua Cek KMS

Sentralberita – Asahan | Para orang tua diminta untuk mengecek Kartu Menuju Sehat (KMS) atau kartu imunisasi anak, jika masih kurang segera datangi pasilitas kesehatan terdekat untuk diimunisasi.

Himbauan itu diseruhkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Aris Yudhariansyah MM, Selasa (26/12) saat dikonfirmasi melalui selulernya, “cek KMSnya, jika masih belum lengkap segera balitanya dibawa ke pasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi,”ujar dr Aris.

Hal itu untuk mengantisipasi mewabahnya difteri di sejumlah daerah di Indonesia,”khusus di Kabupaten Asahan belum ditemukan kasus itu,”tambahnya.

Kita juga tidak mau sampai kecolongan, jika mendapati gejala seperti, “mengalami radang tenggorokan, kemudian muncul lapisan berwarna putih hingga abu – abu yang menutupi tenggorokan dan amandel, demam tinggi, sakit saat menelan dan suara serak serta detak jantung meningkat segera bawa ke pasilitas kesehatan terdekat,”himbaunya.

 

Sementara dikutip dari sumber berita lainya, setelah ditetapkan menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan diberlakukan Outbreak Responses Immunization (ORI) oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes), difteri justru kian meluas dari 20 provinsi menjadi 28 provinsi.(Lintang)

Comments