Pencalonan Aceh-Sumut Jadi Inspirasi Tuan Rumah Bersama PON XXI/2024

Sentralberita| Palu~Kesepakatan Aceh-Sumut mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 menjadi inspirasi KONI KONI provinsi lain di tanah air, untuk mengikutinya menggelar pelaksanaan serupa tahun – tahun mendatang.

Demikian kesimpulan yang dirangkum dari kunjungan tiga tim Pemenangan Aceh-Sumut Tuan Rumah Bersama PON XXI/2024, sejak Selasa (5/12) hingga Kamis (7/12) di Pulau Borneo Kalimantan dan Pulau Slebes (Sulawesi).

Seperti disampaikan Ketua KONI Sulteng Drs H Anwar Ponulele MSi saat menerima kehadiran Tim II dipimpin Sekum KONI Sumut Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd dan Wakil Ketua VI KONI Aceh Ir Faisal Syaefuddin di Palu, Kamis (7/12).
“Pencalonan Aceh-Sumut pantas didukung, karena dengan menjadi tuan rumah bersama, pelaksanaan PON bisa dikemas lebih baik. “Langkah Aceh-Sumut ini cukup menarik. Dari ide ini, kami (Sulteng) bahkan ingin mencoba untuk menggelar PON di tiga provinsi bersama Sulut dan Gorontalo. Kami akan mengkomunikasin dengan pemerintah setempat, ” ujar Anwar sembari menyerahkan surat dukungan dengan tembusan Gubernur dan Ketua DPRD Aceh-Sumut serta Ketua KONI Pusat.

Sebelumnya Sekum KONI Sulsel
Dr Ad’dien menyebutkan, seandainya geografis mereka berdekatan dengan Aceh-Sumut, Sulsel juga ingin bergabung menjadi tuan rumah bersama.

Hal senada disampaikan Ketua Umum KONI Gorontalo Rahmat Akili didampingi Wakilnya Prof Hariadi di hadapan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian Dan Wakil Ketua I KONI Aceh Musa Bintang dan rombongan yang tergabung di Tim I.
Pencalonan tuan rumah bersama seperti dilakukan Aceh-Sumut membuka dan membuat kesempatan semua provinsi menjadi penyelenggara PON lebih terbuka.

Ketua Umum KONI Kaltara Erlangga MM, bersama Kadispora Herumudin MM, Sekum Dr.Dwi Wiyono serta Ketua Umum KONI Kaltim Kaltim Dr Zuldi Yahya, Sekum Afiat Rasid SE juga menyampaikan hal serupa.

kepada Tim III yang dipimpin Prof Agung Sunarno, Mesnan M Kes dan Abu Razak serta Rayuan Sukma, kedua pimpinan KONI Pulau Borneo ini menyebutkan pencalonan
Aceh-Sumut menginpirasi propinsi lain khususnya yang berdekatan, karena langkah ini mengembalikan roh PON itu sendiri yaitu menggelorakan persatuan dan kesatuan dan instrumen pembangunan indonesia melalui olahraga serta pembentukan karakter bangsa.

Bersyukur

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dari Gorontalo via telepon mengaku bersyukur atas besarnya dukungan KONI KONI Provinsi di tanah air terhadap Aceh-Sumut untuk menjadi tuan rumah bersama.

“Alhamdulillah sejauh ini sudah 21 surat dukungan yang masuk (Sumatera 8, Jawa 5, Sulawesi 5 dan Kalimantan 3).Jumlah tersebut masih akan bertambah karena pihaknya juga berencana menjemput surat dukungan dari Papua, Papua Barat, Sulbar dan Kalteng, ” ujarnya.

“Kita juga berencana akan ke Ambon, ” tambahnya.

John membenarkan, pihaknya bersama Aceh akan lebih memaksimalkan persiapan untuk lebih menyakinkan KONI KONI provinsi pada bidding yang akan digelar Februari atau Maret 2018.

Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi juga bersyukur dan memberi apresiasi
kepada KONI provinsi yg telah memberikan dukungan tertulis.

Dukungan yang diberikan menjadi bukti pelaksanan PON di dua provinsi lebih baik dan efektif.

Bahar bersama empat mantan Sekda Provsu (H Muhyan Tambuse, RE Nainggolan, Nurdin Lubis, Hasban Ritonga) dan Ketua PWI Sumut H Hermansjah yang tergabung di Tim I, ketika disinggung soal anggaran menyebutkan Pemprovsu akan memperhatikan pengalokasian anggaran baik itu untuk pembinaan atlet maupun perbaikan serta pembangunan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan.(SB/mp)

 

Comments

Tinggalkan Balasan