KONI Jateng: Niatan Aceh-Sumut Tuan Rumah PON XXI Kepentingan Nasional

Wakil Ketua I KONI Sumut Prof Agung Sunarno dan Sekum Drs Chairul Azmi MPd didampingi Binpres Mesnan M Kes (paling kiri) dan Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar (paling kanan) mengapi Ketua Umum KONI Jateng Periode 2017-2021 Brigjen (Purn) Subroto dan Ketua Umum Periode 2013-2017 Hartono usai memberi cinderamata ulos, dalam kunjungan silaturahim di Gedung KONI Jateng Kompleks Stadion Jati Diri Semarang, Kamis (29/12) sore.

Sentralberita| Semarang~Dukungan KONI Jateng kepada Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 didasari atas pertimbangan yang matang. Dan pihaknya turut berdoa semoga keinginan mulia tersebut benar terwujud.

“Surat Aceh-Sumut masuk di akhir masa kepengurusan saya. Karena memang kita sebelumnya sudah melakukan pembahasan terhadap hal ini, maka Jateng langsung membalas dan memberikan surat dukungan.

Dan hari ini kebetulan tugas terakhir saya di KONI Jateng.Saya yakin Ketua Umun yang baru tidak akan merubah keputusan terdahulu, ” ujar Ketua Umum KONI Jateng Periode 2013-2017 Hartono sambil tersenyum saat menerima kunjungan silaturahim Tim Pemenangan Aceh-Sumut tuan rumah bersama PON XXI/2024 di Gedung KONI Jateng Kompleks Stadion Jati Diri Semarang, Kamis (29/12) sore.

Pernyataan Hartono langsung disambut Brigjen (Purn) Subroto yang terpilih sebagai Ketua Umum KONI Jateng Periode 2017-2021.

“Keputusan yang sudah dibuat tidak akan berubah. Selain Jateng punya hubungan emosionil sangat kuat dengan Aceh-Sumut, kami juga percaya, kedua provinai bertetangga ini punya niatan yang tujuan untuk kepentingan nasional, tidak kedaerahaan, ” kata pria yang akrab dipanggil Broto ini di hadapan Tim Pemenangan yang dipimpin Kamaruddin Abu Bakar (Ketua Harian KONI Aceh) dan Prof Agung Sunarno (Wakil Ketua I KONI Sumut)

Baik Hartono dan Subroto sama menyebutkan, bahwa pihaknya berkeyakinan penuh PON yang Insha Allah digelar di Aceh-Sumut selain untuk memacu pembangunan saran prasarana olahraga di kedua provinsi, juga yang terpenting adalah mendukung peningkatan prestasi nasional.

“Kami yakin bahwa tujuan Aceh-Sumut adalah untuk peningkatan prestasi olahraga nasional, karena itu pulalah kami memberi dukungan, ” ulang Hartono.

“Sebenarnya Kalsel dan Bali juga menghubingi Jateng. Tapi dukungan kami sudah diberikan untuk Aceh-Sumut, ” tambah Subroto.

Dukungan Jateng ini sangat diapresiasi Aceh dan Sumut mengapresiasi KONI Jateng.”Kami berterimakasih dan mengapresiasi kebijakan KONI Jateng sebagai provinsi pertama yang memberi dukungan,” kata pria yang akrab dipanggil Abu Razak ini.

Abu Razak yang hadir bersama beberapa pengurus KONI dan perwakilan Dispora Aceh lebih lanjut mengatakan, pihaknyaberhasrat menjadi penyelenggara PON, sekaligus untuk membuktikan Aceh sudah aman, damai tidak ada lagi konflik.

“Setelah perjanjian 25 Agustus 2005, Aceh sama dengan provinsi lain di tanah air, ” tegasnya. Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum KONI Sumut Agung Sunarno.

Hadir bersama Sekum Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd dan Kabid Binpres Mesnan M Kes, Agung lebih lanjut menyebutkan, dukungan Jateng menjadi penambah inspirasi dan motivasi pihaknya menyakinkan provinsi-provinsi lain di tanah air, sehingga kini pihaknya sudah mengumpulkan 24 surat dukungan.

Dikatakan, Aceh-Sumut serius ingin tuan rumah PON. Hal ini belajar dari kegagalan saat bidding 2014 lalu. Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur Sumut H. T Erry Nuradi juga sudah menyepakati MoU. Bahkan kedua provinsi juga sudah sepakat soal pembagian cabor.

Semangat kebersamaan ini, tambah Sekum Chairul Azmi terus mereka jaga. Aceh-Sumut tidak mau terjebak dengan ego kedaerahan. Karena itu pula, kalau pun nanti terpilih menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024, pihaknya tidak bermimpi menjadi juara umum. Apalagi sampai menghalalkan segala cara.

“Kami akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik. Kami ingin roh PON yang mengedepankan sportifitas kembali mengkristal, ” kata Chairul.

Chairul juga percaya penuh, dukungan untuk Aceh-Sumut diberi dengan hati, tidak ada maksud lain, seperti niatan mereka mengajukan pencalonan diri. (SB/Mon )

 

Comments