Kadin Undang Investor Korea Jajaki Potensi Investasi di Sumut

Sentralberita Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara menerima kunjungan rombongan investor dan ahli air asal Korea di RM Jimbaran, Jl. Pattimura Medan, Senin (18/12/2017) sore. Pertemuan tersebut dalam rangka menjajagi potensi investasi energi di Sumut sekaligus menerima report hasil penelitian kelayakan teknologi pengolahan air minum di 5 titik di Sumut.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kadin Korea Selatan Mr. Ho Kyun Shin beserta rombongan diantaranya Mr. Kyung Taek Yum dari Smart Water Great yang merupakan anak perusahaan K-Water, para ahli air diantaranya Lee Min-Ho dari Isan Corparation, Sangho Lee, Ph.D dari Kookmin University dan KukHeon Han dan Kyung Taek Yum keduanya dari Sun Kyun Kwan University. Sedangkan Ivan Batubara didampingi Pengurus Kadin Sumut diantaranya Hendra Utama, Syahrian Harahap, Isfan Fachrudin dan Oki Irawan.

Dalam pertemuan itu, Ivan Iskandar Batubara menyambut hangat kehadiran investor asal Korea Selatan yang ingin menjajagi potensi kerjasama berbagai bidang, termasuk dalam bidang pengolahan air minum.

“Kadin sengaja mengajak investor dari Korea untuk melihat berbagai potensi di Sumut, salah satunya kerjasama dalam bidang pengolahan air minum PDAM Tirtanadi,” jelas Ivan.

Selain melihat manajemen PDAM, para ahli air menyampaikan laporan hasil penelitian di 5 titik anak cabang PDAM Tirtandi di Sumut, PDAM Tirtanadi Cabang Medan Sunggal dan PDAM Tirtanadi Cabang Sibolangit.

“Para ahli air dari sejulah universitas di Korea Selatan telah melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan efisiensi dan potensi kerjasama soal air. Kita berharap teknologi pelayanan air minum meningkat di Sumut. Kunjungan ini merupakan hasil dari MoU yang dilakukan oleh Kadin Sumut saat berkunjung ke Korea pada Juli 2017 lalu di Seoul,” terang Ivan.

Selain itu, tujuan utama pertemuan pertemnuan juga memantapkan rencana kerjsama dan penandatanganan kontrak dengan perusahaan Korea Electric Power Industrial Development Co. Ltd (KEPID) yang tertarik berinvestasi dalam bidang proyek energi terbarukan di Sumut.

“Salah satu daerah yang telah dikunjungi dan menarik minat mereka adalah Kota Tanjung Balai dan memiliki peluang untuk kerja sama investasi dalam proyek pembangkit tenaga matahari dan pengolahan air bersih. Kadin Sumut sudah melihat secara langsung pencapaian program energi terbarukan yang telah dilakukan KEPID di Korea Selatan,” papar Ivan.

Selanjutnya, sebut Ivan, Kadin Sumut telah menjadwalkan kunjungan balasan ke Kantor Pusat KEPID di Seoul dan bertemu dengan CEO KEPID, Mr. Joseph B. Joo beserta jajaran Direksi KEPID untuk penandatanganan kontrak kerjasama untuk merealisasikan proyek energi terbarukan di Sumut antara Kadin Sumut dengan Korea Electric Power Industrial Development Co. Ltd (KEPID).

“Isi kerjasama antara lain bertujuan untuk membangun kerjasama bisnis dan sebagai mitra antara kedua belah pihak dalam mendukung kerjasama mengenai energi baru dan terbarukan, efisiensi energi, energi ramah lingkungan dan kerjasama lainnya terkait dengan bidang tersebut di Sumut,” tegas Ivan.

Adapun lingkup pekerjaan yang disepakati untuk bekerjasama di berbagai kegiatan dalam rangka proyek yang akan diselenggarakan di Sumut yakni kerjasama energi terbarukan, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Biomassa dan sebagainya.

Selain itu juga tandatangan kontrak proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air di 5 Proyek di Sumut dengan kapasitas daya 50 Megawatt, kerjasama terkait dengan lingkungan dan pengolahan air.

“Nanti juga akan ada kerjasama hemat energi, Kerjasama LED Replacement yakni Energy Efficient Lighting)dan kerjasama lainnya yang terkait dengan bidang tersebut,” sambung Ivan.

Dalam rangkaian kunjungan balasan nantinya, Kadin Sumut juga menyempatkan diri singgah ke kantor K-Water Company, salah satu proyek pengolahan air bersih terbesar di dunia yang telah menjadi pembangkit energi tenaga air untuk Korea Selatan. Kadin Sumut juga akan sempatkan kunjungan ke Perkantoran MBC News, sebagai salah satu Kantor Berita dan TV terbesar di Korea Selatan.

Semua itu sudah kita jadwalkan. Hari ini sengaja sambut di rumah makan. Tidak di kantor Kadin. Tujuannya untuk mengenalkan kuliner Sumut kepada investor dan ahli air dari Korea,” sebut Ivan.

Sementara ketua rombongan Kadin Korea Selatan, Mr. Ho Kyun Shin mengaku sangat surprise ketika sampai di Sumut yang dinilai kaya akan sumber daya alam.

“Ini bagus. Investor sangat tertarik. Kerjasama boleh kita buat untuk Sumatera Utara dan Korea,” ujar Shin.

Dalam kesempatan itu, Shin juga menyatakan dukungannya kepada Ivan Iskandar Batubara yang telah memantapkan niat menjadi Wakil Gubernur mendampingi petahan Tengku Erry Nuradi pada Pilgubsu 2018 mendatang.

“Kami berdoa agar Mr. Ivan berhasil menjadi Wakil Gubernur Sumut,” dukung Shin.

Sebelum dengan Ketua Kadin Sumut Ivan Batubara, rombongan Kadin Korea Selatan bertemu dengan Wakil Gubernur (Wagub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut Nurhajizah Marpaung di kantor Gubernur Sumut, Jl. Diponegoro Medan, Senin pagi. SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan