Disebabkan Sungai Meluap, Banjir Melanda Tebing Tinggi, Saat Ini Mulai Surut

Sentralberita|Tebing Tinggi~Banjir yang melanda di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut) sudah mulai surut. Banjir disebabkan karena sungai yang ada di Tebing Tinggi meluap.

“Sekarang ini banjir perlahan mulai surut. Namun di beberapa titik terlihat air ada yang tinggi,” kata Wali Kota Tebing Tinggi Umar Z Hasibuan saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Rambutan, Minggu (3/12/2017).

Ia mengatakan, ada 4 sungai yang meluap di Tebing Tinggi. Air yang meluap kemudian merendam rumah warga. Dia berharap, banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi dapat surut dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali.

“(Saat banjir terjadi) Pertama kita lakukan evakuasi pengungsian, selamatkan diri dan jiwa (warga yang terdampak) terlebih dahulu,” jelas Umar.

Umar melanjutkan, saat ini pihaknya sudah menyediakan lokasi pengungsian bagi warga yang terdampak. Posko kesehatan juga didirikan.

“Logistik beras, mi instan, gula, telur juga kita distribusikan. Air perlahan surut. Tanggap darurat selama 14 hari sampai 15 Desember (2017),” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir melanda Kota Tebing Tinggi pada Sabtu (2/12). Banjir ini meliputi 22 kelurahan di 5 kecamatan.

5 Kecamatan yang terkena dampak banjir yakni Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kecamatan Bajenis, Kecamatan Padang Hulu, Kecamatan Padang Hilir dan Kecamatan Rambutan. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 centimeter hingga 2 meter.(SB/dtc)

Comments

Tinggalkan Balasan