Kumpulkan 11 Surat Dukungan, Aceh-Sumut Kian Optimis Tuan Rumah Bersama

Sentralberita|Medan~Aceh dan Sumut kian optimis menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024, menyusul kian mengkristalkan dukungan yang mengalir untuk kedua provinsi yang bertetangga ini.

Dukungan teranyar dalam bentuk tertulis dan langsung diserahkan kepada Ketua Umum KONI Aceh H Muzakir Manaf dan Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, datang dari KONI se-Sumatera yang pada Sabtu (18/11) menggelar Rapat Koordinasi di Polonia Hotel Medan.

“Alhamdulillah 10 provinsi di Sumatera komit mendukung Aceh-Sumut tuan rumah bersama PON XXI/2024. Bahkan 8 di antaranya, kecuali Sumbar dan Kepri telah menyerahkan dukungan secara tertulis. Demikian juga dengan Jawa Tengah. Sehingga kini, Aceh – Sumut sudah mengantongi 11 dukungan,” jelas Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis seraya menyebutkan dukungan tertulis Sumbar dan Kepri segera menyusul.

John didampingi Sekum Chairul Azmi Hutasuhut lebih lanjut menjelaskan, semangat yang terbangun dalam Rakor KONI Se-Sumatera yang mengambil tema “Mengantarkan Sumut Aceh Tuan Rumah Bersama PON XXI/2024” merupakan dukungan moral terbesar yang sangat besar artinya untuk Aceh dan Sumut. Apalagi pertemuan ini juga dihadiri KONI dan perwakilan Pemerintah Papua yang (tuan rumah PON XX/2020) yang juga telah menggaransi akan memberikan surat dukungan.

Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi melalui Plt Sekda Ibnu S Hutomo saat membuka Rakor mengatakan pihaknya sangat mendukung rencana tuan rumah bersama PON tahun 2024.
Untuk itu, lanjut dia, dukungan dari KONI Se Sumatera tentunya sangat diapresiasi karena akan menjadi semangat tambahan bagi Sumut dan Aceh untuk terus berjuang meyakinkan KONI seluruh Indonesia.

Ia yakin dengan kebersamaan, niat tersebut dapat diwujudkan, apalagi Sumut dan Aceh selama ini memiliki kedekatan dalam berbagai hal yang sudah tentu menjadi pendukung daya juang demi mewujudkan tekad tersebut.

“Terimakasih kami ucapkan kepada KONI se Sumatera yang memberikan dukungan moril kepada Sumut dan Aceh.
Kalau niat ini terwujud maka akan semakin mengeratkan hubungan antara Sumut dan Aceh,” katanya.

Sementara Gubernur Aceh Irwandi Yusup melalui staf ahli bidang pemerintahan Abdul Karim mengatakan mereka pernah mengajukan diri sebagai tuan rumah PON untukvtahun 2020, namun kalah bersaing dengan Papua yang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, pihaknya merasa jika berjuang sendiri- sendiri akan lebih berat, karenanya bergandengantangan dengan Sumut mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama.
Bagi mereka, menjadi tuan rumah PON bukan hanya sekedar menunjukkan bahwa Aceh adalah juga bagian dari NKRI, namun lebih dari itu untuk menunjukkan bahwa Aceh adalah daerah yang aman dan nyaman serta damai.

” Terima kasih kami ucapkan kepada KONI se-Sumatera yang memberikan dukungan kepada Sumut dan Aceh untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON tahun 2024. Insha Allah kalau Aceh-Sumut jadi tuan rumah, kami akan menggelar PON terbaik,” katanya.

Secara terpisah Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi menyebutkan, 11 dukungan yang sudah dikantongi saat ini menjadi modal besar bagi Aceh-Sumut mewujudkan cita-cita dan keinginannya menjadi tuan rumah bersama.

Tim Pemenangan Aceh-Sumut Kata Bahar, mulai 23 November pekan depan road show ke berbagai provinsi tanah air juga untuk mengumpulkan surat dukungan.”Kita optimis mengumpulkan 20 hingga 25 surat dukungan, ” Kata Baharuddin(SB/MP)

Comments

Tinggalkan Balasan