KONI Sibolga Tarik Diri Tuan Rumah Porwilsu, KONI Sumut Prihatin dan Sesalkan Pemko Sibolga

Sentralberita| Medan~KONI Kota Sibolga menarik diri menjadi tuan rumah pertandingan empat cabang olahraga Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) yang diangendakan digelar antara April hingga Mei 2018 mendatang.

Ketua Umum KONI Kota Sibolga Aslinda Hutagalung menyampaikan hal tersebut pada Rapat Kooridinasi (Rakor) Teknis KONI Sumut di Hotel Emerald Garden, Senin (20/11/2017).Rakor diikuti 34 KONI Kota dan Kabupaten se-Sumut dan seluruh Pengprov serta Badan Fungsionaris Anggota KONI Sumut.

Linda seusai pembukaan Rakor oleh Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, mengaku, dengan berat hati harus menyampaikan bahwa pihaknya tidak bisa menunaikan amanah Rapat Anggota KONI yang mempercayakan Sibolga menjadi tuan rumah pertandingan empat cabang olahraga (bulutangkis, tenis meja, drumband dan catur) di Wilayah IV Porwilsu 2018.

Hal terjadi karena KONI Kota Sibolga tidak memiliki anggaran dana, akibat tidak adanya dana pembinaan olahraga dari Pemerintaan Kota Sibolga.

Kondisi ini tambah Linda, sudah berlangsung sejak tahun 2016, dan ia juga pesimis, untuk tahun 2018 pun, organisasi yang dipimpinnya ini tidak ada mendapat anggaran dana.

Karenanya Linda menyampaikanpermohonan maaf kepadaKONI Sumut dan juga KONI Kota Kabupaten serta Pengprov Pengrov olahraga tidak dapat memenuhi amanah menjadi penyelenggara empat cabor Porwil Wilayah IV.

Prihatin

Terkait kondisi yang dihadapi KONI Sibolga, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengaku prihatin dan sangat menyayangkan Pemko Sibolga tidak mengalokasikan anggaran pembinaan olahraga untuk KONI di daerahnya, meski sesungguhnya UU No 3 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, jelas dan tegas menegaskan bahwa pemerintah wajib mendukung pembinaan olahraga.

Saat membuka Rakor pun, John didampingi Wakil Ketua I Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin dan Sekum Chairul Azmi Hutasuhut mengharapkan Bupati dan Walikota di Sumut mendukung pelaksanaan Porwilsu yang kota kabupaten masing-masing. Apalagi gawean kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Sumut menghadapi PON XX/2020 di Papua.

Dalam kesempatan tersebut, John Lubis juga memaparkan perkembangan persiapan Sumut bersama Aceh, dalam pencalonan tuan rumah bersama PON XXI/2024. “Kami mengharapkan doa dan dukungan seluruh KONI Kota Kabupaten serta Pengprov Pengprov olahraga agar keinginan Sumut-Aceh menjadi tuan rumah bersama PON XXI/2024 menjadi kenyataan,” ujarnya.

“Insha Allah, Sumut-Aceh akan mendaftar secara resmi, Jumat (29/11) ke KONI Pusat. Kami juga mengharapkan KONI Kota Kabupaten bisa mendampini kami saat mendaftar ke KONI Pusat di Jakarta nanti,” tambahnya.

Dikatakan, Sabtu dan Minggu kemarin, pihaknya telah melakukan Rapat Koordinasi dengan KONI se-Sumatera. Alhamdulillah, saat ini pihaknya sudah mengantongi 11 dukungan (seluruh KONI di Sumatera plus Jawa Tengah).

John optimis, saat mendaftar nanti pihaknya bisa menyertakan 20 hingga 25 surat dukungan KONI KONI Provinsi, karena Papua yang juga hadir dalam Rapat Koordinasi di Medan, menyg,atakan siap menyerahkan dukungan.

Selain itu, KONI di Pulau Jawa, kecuali Yogyakarta, juga telah mengkomfirmasi sudah menyiapkan dukungan, tinggal menanti utusan Sumut-Aceh untuk menjemputnya. Demikian pula KONI Sulteng, Sultra,Sulsel, Kalteng dan Kalbar juga mengkomfirmasi siap menyerahkan surat dukungan.

Sejalan hal tersebut, Tim Pemenangan Aceh-Sumut tuan rumah bersama PON XXI/2024 mulai 23 November mendatang segera bergerak ke berbagai provinsi di tanah air untuk mendapatkan surat dukungan tersebut.

“Walau Kalsel kabarnya juga akan mendaftarkan diri, namun kami berharap Aceh-Sumut bisa menang secara aklamasi pada bidding PON XXI/2024 yang rencananya digelar Februari 2018,” ujarnya.(SB/husni l)

Comments

Tinggalkan Balasan