Ilhamsyah Minta Camat Galakan Program Bank Sampah

Sentralberita|Medan~Pemanfaatan sampah di Medan kini mulai digalakan, salah satunya yang dilakukan Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon.
Menyikapi itu, anggota Komisi D DPRD Medan, H.Ilhamsyah.SH mengapresiasi langkah Camat Medan Baru ini dan patut dijadikan contoh oleh kecamatan lain.
“Kita mengapresiasi langkah Camat Medan Baru. Ini adalah inovasi yang patut dicontoh oleh kecamatan lain,” terang Ilhamsyah yang didaulat memberikan sambutab mewakili Komisi D DPRD Medan, dalam launching Bank Sampah di Kecamatan Medan Baru, Jumat (24/11/2017).
Dibentuknya Bank Sampah oleh Camat Medan Baru, kata Ilhamsyah, merupakan terobosan yang sangat bagus mengingat pengelolaan sampah di Medan kini sudah dikembalikan ke Kecamatan.
“Pengelolaan sampah yang diserahkan ke Kecamatan langsung direspon dengan Bank Sampah, ini adalah salah satu terobosan yang sangat bagus,” jelasnya.
Ketua Fraksi Golkar ini menyakini, Bank Sampah bisa menjadi solusi yang bagus untuk Camat di Kota Medan yang kini dibebani pengelolaan sampah oleh Pemko Medan.
“Bank Sampah adalah salah satu solusi, selain nantinya bisa menyelesaikan masalah sampah, Bank Sampah juga sudah terbukti dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.
Terkait permasalahan ini, Ilhamsyah mengatakan pihaknya akan menyampaikan permasalahan ini dalam rapat di Badan Anggaran DPRD sehingga program yang baik ini bisa mendapat dukungan dari APBD.
“Program ini akan menjadi perhatian kita dan akan kita sampaikan di pembahasan KUA PPAS APBD 2018 mendatang,” jelasnya.
Tidak hanya itu, Ilhamsyah meminta Pemko Medan mengirimkan camat di Kota Medan untuk study banding ke daerah daerah, sehingga mereka bisa memiliki wawasan yang luas soal program program yang ada.
“Selama ini Pimpinan SKPD yang kera melakukan kunjungan, sekarang kita minta camat juga bisa dipasilitasi untuk melakukan kunjungan ke luar daerah,” jelasnya.
Terpisah, Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon mengatakan program Bank Sampah di Kecamatan Medan Baru ini baru digalakan sekitar dua bulan lalu.
“Sekarang sudah ada 17 Bank Sampah tersebar di seluruh kecamatan Medan Baru,” jelas Ilyan.
Dijelaskannya,  sampai dengan saat ini nasabah 17 Bank Sampah yang ada kira kira ada 20-an nasabah setiap bank sampah.
“Warga sudah banyak tertarik dengan program sampah ini, dimana mereka bisa mendapatkan uang dengan mengumpulkan sampah,” jelasnya.
Guna mendukung keberlanjutan program ini, Ilyan Simbolon mengatakan pihaknya menggandeng berbagapih, salah satunya pegadaian dimana “sampah bisa menjadi emas”.
“Ada program Sampah menjadi emas dimana warga nantinyamanabung di Pegadaian,” jelasnya.(SB/Lam)

Comments

Tinggalkan Balasan