Wali Kota Ajak Masyarakat Latih Anak Cuci Tangan Pakai Sabun Sejak Dini

Sentralberita| Medan~Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk  semakin meningkatkan kesadaran dan kemampuan  dalam upaya memelihara kebersihan dan kesehatannya. Kemudian melatih anak-anak sejak dini  mencuci tangan dengan memakai sabun, sebab hasilnya akan sangat berarti bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa ini ke depannya.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan di SD Model Perguruan Al Azhar Medan Jalan Pintu Air IV Medan, Sabtu (14/10).

Dikatakan Wali kota, 15 Oktober telah ditetapkan PBB sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Artinya,  seluruh dunia  melaksanakan gerakan cuci tangan memakai sabun dan air bersih. Kegiatan ini dinilainya  sebagai salahs atu upaya untuk memotivasi jutaan umat di eluruh dunia agar membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

Menurut Wali Kota, banyak manfaat yang dieroleh denga mencuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah melaksanakan aktifitas, diantaranya terhindari penyankit diare dan pneumonia. “Kedua penyakit inilah yang pada umumnya banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa,” kata Wali Kota.

 Mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan ini menyadari, tujuan pemabngunan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, melainkan juga setiap sektor. Untuk itulah Wali Kota minta kepada seluruh jajaran kecamatan, kelurahan sampai lingkungan selaku ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat supaya mengkampanyekan gerakan cuci tangan pakai sabun ini.

 “Marilah dengan semangat kemitraan, kita selenggarakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera, trutama di Kota Medan yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan yang digelar ini merupakan hasil kerjasama TP PKK Kota Medan dengan United States Agency for International Development (USAID) IUWASH Plus  Regional Sumatera Utara, PDAM Tirtanadi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat kota Medan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dan Kecamatan Medan Johor.

Ketua Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH mengatakan, tujuan kegiatan ini digelar  dalam rangka mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat. Salah satu indikator PHBS yang dilakukan adalah mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan menggunakan sabun.

“Dengan melakukan cuci tangan pakai sabun  (CTPS) ini, membuktikabn dapat menurunkan diare hingga 40% dan infeksi  saluran pernapaasan akut (ISPA) 20%. Untyuk itulah perlu adanya pembinaan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada semua anggota keluarga sehingga mau melakukan PHBS dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap HJ Rita.

Untuk itulah wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Medan dan Ketya Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut ini, mengajak seluruh anggota TP PKK beserta kader PKK dapan menjadikan PHBS dengan selalu mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum atau sesudah melakukan suatu kegiatan.

Setelah masyarakat  sadar kegunaan cuci tangan pakai sabun, Hj Rita Maharani selanjutnya mengingatkan masyarakat untuk mengingkatkan kesadaran  tentang pentingnya memiliki tangki septik yang kedap sebagai bentuk  dari penggunaan sistem sanitasi air limbah rumah tangga yang layak dan aman serta tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Tangan Sedunia Tingkat Kota Medan ini turut dihadiri Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut Ir Heri Batang Hari Nasution MPSi,  Regional Manajer USAID IUWASH Plus Ir Muhammad Yagi, sejumlah pimpinan SKPD serta perwakilan siswa daari SD di Kota Medan.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota bersama Ketua TP PKK serta Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi serta Regional Manajer USAID IUWASH Plus  menandatangani dukungan terhadapn gerakan CTPS. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan CTPS dihadap seluruh perwakilan siswa SD yang hadir.  Kemudian diteruskan dengan pembagian hadiah kepada pemenang dari  sejumlah perlombaan yang digelar untuk memeriahkan (SB/husni l)

Comments