Kesadaran Bayar Pajak Rendah

Sentralberita| Medan~ Peran serta masyarakat dalam membayar pajak menjadi pondasi utama dalam pembangunan.

Hal ini bisa dilihat dari 75 persen APBN berasal dari komponen pajak. Namun, kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih tergolong rendah. Oleh karena itulah perlu ditingkatkan dengan memberikan pendidikan pajak kepada masyarakat.

Upaya peningkatan kesadaran membayar pajak ini dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumut I dan II dengan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama MoU, tentang inklusi kesadaran pajak dalam kurikulum pendidikan.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini langsung dilakukan oleh Gubsu, Tengku Erry Nuradi bersama Kepala Kanwil DJP Wilayah Sumut I, Mukhtar dan Kepala Kanwil DJP Wilayah Sumut II, Tri Bowo, di kantor Kanwil DJP Sumut I, Selasa (10/10).

Kepala Kanwil DJP Wilayah Sumut I, Mukhtar mengatakan, tren pajak sekarang ini perannya cukup besar, sebab 75 persen pendapatan negara itu berasal dari pajak. Saat ini untuk Sumut I target penerimaan pajak 2017 sebesar Rp19,3 T sementara target penerimaan untuk Sumut II sebesar Rp5,5 triliun.
“Dari target penerimaan pajak tahun 2017, untuk Sumut I sebesar Rp19,3 T baru terealisasi sebesar 60 persen atau sekitar Rp12 T. Inilah kami mohon dukungan dari berbagai instansi termasuk Pemprovsu sehingga penerimaan pajak bisa semakin dimaksimalkan,” ujar Mukhtar. (SB/husni l)

Comments