Hari Jantung Sedunia, Ini pesan Kadis Kesehatan Asahan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Aris Yudhariansyah MM. ( F/SB.dok)

Sentralberita – Asahan | Penyebab kematian nomor satu di dunia masih diduduki oleh penyakit jantung koroner, sementara di Indonesia penyakit ini masih menduduki pringkat ke tiga.

Hal itu dikatakan dr Aris Yudhariansyah MM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Sabtu (30/9) saat dikonfirmasi bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia, penyakit jantung di dunia masih menempati posisi penyakit yang menyebabkan kematian. “ Walau di Indonesia masih menempati urutan ke tiga, masyarakat diminta untuk mewaspadi “, tegasnya.

“ Lakukan olahraga teratur, konsumsi buah dan periksa tekanan dara secara rutin untuk menghindari serta mendeteksi secara dini penyakit jantung dan yang pasti berhentikan kebiasaan merokok “, demikian pesan dr Aris Yudhariansyah.

Penyakit jantung hadir setelah pasien memiliki hipertensi, obesitas serta kurang aktifitas fisik. Oleh karena itu masyarakat harus melakukan cek kesehatan secara berkala, melakukan olahraga dan berhentikan kebiasaan menghisap rokok, tambahnya.

Terpisah, Plt Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar M.Si mengatakan, dirinya mendukung pesan moral yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia, siapa lagi yang menyayangi kalau bukan dirinya sendiri, tegasnya.

Pesan moral ini disampaikan karena penyakit jantung merupakan mesin pembunuh nomor satu di dunia dan di Indonesia menempati urutan ke tiga, hindari pola hidup tidak sehat dan lakukan olahraga agar tubuh kita tetap sehat. (SB/susilawadi)

Comments

Tinggalkan Balasan