Walikota Medan Sampaikan Telah Benahi Sejumlah Titik Terjadinya Genangan Air

Sentralberita| Medan~ Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, mengklaim sudah membenahi beberapa titik yang menyebabkan terjadinya genangan air bila turun hujan. Hasilnya, sekarang ini genangan air yang terjadi akan segera surut dengan waktu kurang dari satu jam. Dan luas genangan air juga sudah semakin berkurang.

Wali Kota Dzulmi Eldin, mengatakan itu saat membacakan nota jawabannya atas pemandangan umum DPRD, pada sidang paripurna, Senin (28/8). Hari itu, dewan menggelar rapat paripurna lanjutan dalam rangka membahas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Medan tahun anggaran 2016.

Dzulmi Eldin, menyebutkan berbagai langkah telah dan akan dilakukan Pemko guna mengatasi permasalahan genanganan air. Selain menambah anggaran pada APBD 2017, juga dilakukan gotong-royong bersama masyarakat serta unsure TNI/Polri, untuk membersihkan saluran drainase.

Kemudian, kata Eldin, Pemko juga sudah berkoordinasi denganb Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) Kementarian Pekerjaan Umum, dalam rangka penanganan banjir.

Kemudian juga meningkatkan motivasi sumber daya aparatur, melalui penegakan disiplin, pembangunan moral dan pengembangan profesionalisme, agar bekerja lebih giat lagi dalam mengatasi permasalahan genanganan air. ‘’Serta mengimbau masyarakat untuk menjaga saluran air,’’ kata Eldin.

Diakuinya, dalam menanggulani genangan air di Kota Medan, Dinas Pekerjaan Umum masih mengalami hambatan. Antara lain, banyaknya utilitas yang melintang pada saluran drainase, sehingga mengakibatkan sampah-sampah tersangkut dan terjadi penyumbatan saluran, serta menyempitkan penampang drainase.

Selain itu juga banyaknya ditemukan bangunan yang didirikan di atas drainase, sehingga sulit untuk dibersihkan. Juga banyak bangunan yang mempersempit penampang drainase, dan kurangnya peran serta masyarakat agar tidak membuang sampah ke dalam parit, dan merawat aset-aset pembangunan.(SB/husni l)

Comments