Porkot Medan Ajang Seleksi Porwilsu dan Porprovsu

Sentralberita| Medan~Pekan Olahraga Kota Medan (Porkot) IX 2017 siap digelar 9 hingga 16 September. Ajang multi event kebanggaan Kota Medan ini merupakan event yang strategis, sebab akan menjadi ajang seleksi atlet Medan menghadapi Porwil Sumut dan Porprovsu 2018.
Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani didampingi Sekum Ahmad Haswin Nasution dan Ketua Panpel Porkot IX 2017, Drs Suirwan MM, mengungkapkan hal tersebut dalam rapat evaluasi terakhir persiapan Porkot IX di KONI Medan yang diikuti perwakilan Pengkot (Pengurus Kota) cabor dan pengurus KONI Kecamatan , Jumat (18/8).
“Porkot Medan IX menjadi sangat strategis dan penting, sebab event ini akan menjadi  ajang seleksi bagi atlet Medan menghadapi Porwil Sumut dan Porprovsu, dimana Medan sebagai tuan rumah tentu ingin meraih sukses prestasi,” sebut Eddy Sibarani.
Porwil Sumut dan Porprovsu menjadi event penting dalam mata rantai pembinaan atlet di provinsi ini menghadapi PON 2020 di Papua, sehingga out put atau atlet hasil penyelenggaraan kedua event akan menjadi dasar pembentukan tim PON Sumut untuk 14 cabang olahraga.
KONI Medan optimis Pengkot dan KONI Kecamatan siap menyukseskan event yang mempertandingkan 32 cabang olahraga ditambah 2 cabor eksebisi (arung jeram/kriket). Tercatat sebanyak 3.876 atlet yang akan membawa panji 21 kecamatan akan berlaga dalam event ini.
Eddy Sibarani meminta agar setiap cabang siap menggelar event ini, serta ke depannya hanya cabor benar-benar siap saja yang dimainkan dalam Porkot. “Kita akan evaluasi dalam penyelenggaraan tahun ini sehingga akan kita lihat, Pengkot dari cabor apa saja yang benar-benar siap menggelar Porkot Medan menjadi event berkualitas,” tambah Eddy.
Dengan demikian, Porkot Medan yang sudah memasuki penyelenggaraan kesembilan kalinnya menjadi ajang multi event yang mengedepankan kualitas. “Dengan demikian, Porkot Medan akan menjadi event olahraga yang diminati masyarakat sehingga Kota Medan semakin dekat dengan cita-cita yang diidamkannya untuk menjadikan Medan sebagai Kota Atlet,” sebutnya.
Porkot Medan 2017 juga diharapkan mampu menjadi ajang lahirnya bibit atlet yang berbakat dan nantinya mengharumkan nama Medan dalam berbagai event internasional.
Ketua Umum KONI Medan, dalam kesempatan itu kembali mengungkapkan kegembiraan dan kebangaannya dimana dalam SEA Games Malaysia 2017 ini yang sebentar lagi dibuka, tercatat sebanyak 9 atlet Medan ikut memperkuat kontingen Merah Putih. Prestasi tersebut, tentunya merupakan buah pembinaan yang dilakukan KONI Medan selama ini terutama melalui ajang Porkot Medan.
Namun, KONI Medan akan melakukan pengawasan secara selektif terhadap peserta Porkot, sehingga hanya atlet Medan yang bertanding di dalamnya. “Kita tidak mau ada atlet dari luar Medan yang ikut event ini, sehingga akan dilakukan verifikasi ketat berdasarkan identitas KTP dan KK. Verifikasi ketat ini karena memang sesuai imbauan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin agar hanya atlet Medan yang ikut dalam event ini,” tambah Eddy Sibarani.

Comments

Tinggalkan Balasan