Latgab Penanggulangan Bencana Kab/Kota se-Sumut di gelar di Sergai

Sentral Berita ergai ~Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara (BNPBD Provsu) bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Batubara menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana (Disaster Excercise Preparedness) untuk seluruh Tim Reaksi Cepat (TRC) seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut yang dilaksanakan sejak 22-23 Agustus 2017 di area Theme Park Pantai Cermin.

Kegiatan Latgab dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. H. T. Erry Nuradi, MSi ini turut dihadiri Unsur Forkopimda Sumut, Jajaran OPD Provsu, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kasdam I/BB Brigjend TNI Tiopan Aritonang, Kepala BPBD Sergai Henri Suharto, SH . Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan AP, serta para peserta latgab digelar di open stage Theme Park Pantai CerminKecamatan Pantai Cermin, Rabu (23/8).

Gubsu H.T. Erry Nuradi menyampaikan dalam sambutannya bahwa berdasarkan data Index Resiko Bencana dari BNPB tahun 2016-2021 bahwa daerah Sumatera Utara termasuk dalam kategori tinggi terjadi bencana baik yang diakibatkan gempa, tsunami, erupsi gunung merapi, tanah longsor, banjir, banjir bandang, puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, epidemi penyakit maupun bencana kerusuhan sosial. Oleh karenanya, kita perlu mawas diri terutama dalam hal menumbuhkan budaya sadar bencana di semua kalangan.

Dikatakan Gubsu bahwa bencana dapat terjadi sewaktu-waktu, untuk itu merupakan tugas pemerintah untuk menyiapkan tim yang sigap menangani ketika bencana terjadi dan juga terus mengedukasi masyarakat sehingga terwujud masyarakat Sumut yang tangguh, tangkas dan tanggap terhadap potensi bencana di daerah ini. Melalui Latgab ini, Gubsu berharap menjadi momentum pemersatu dan bekerja sama dalam penanggulangan bencana di daerah di Sumut. Latgab yang digelar selama 2 hari ini diharapkan melahirkan kesepahaman dan mitigasi bencana khususnya di Provinsi Sumut, pungkas Erry Nuradi.
Kemudian Gubsu Erry Nuradi menghimbau kepada Bupati/Walikota serta dunia usaha untuk melakukan mitigas bencana dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dengan melakukan antisipasi potensi gerakan tanah saat curah hujan di atas normal, melakukan inspeksi terhadap lokasi rawan bencana oleh SKPD terkait, melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi bencana seperti alih fungsi lahan serta menginformasikan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing.

Sebelumnya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh hadirin untuk terus mengedukasi masyarakat agar siap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana yang mungkin terjadi. Kesiapsiagaan dapat berupa menyimpan semua barang berharga seperti surat-surat berharga di satu tempat yang mudah dijangkau. Karena masalah pengurusan surat-surat penting selalu menjadi dampak yang sangat menyulitkan bagi masyarakat yang menjadi korban bencana sekalipun sudah dibantu oleh pemda setempat.

Bupati H. Soekirman mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut atas kepercayaan yang diberikan menjadi Lokasi Latgab Penanggulangan Bencana tahun 2017 ini.(SB/jontob)

 

Comments