Kapolres Tanah Karo Diminta Remajakan Pemukiman 

Sentralberita| Karo~ Kabanjahe-Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Paulus Waterpau memerintahkan Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan meremajakan lokasi penampungan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.
Hal itu ditegaskan Kapoldasu dalam kunjungannya yang didampingi seluruh pejabat utama Poldasu dan pengurus Bhayangkari Provinsi Sumut, dalam kegiatan penyerahan bantuan kemanusiaan dari Kapolri dan Kapoldasu untuk korban Erupsi Gunung Sinabung, Sabtu (5/9).
Kapoldasu mengatakan, peremajaan itu perlu dilakukan agar pemukiman tersebut layak dihuni ribuan warga pengungsi, mengingat besar kemungkinan status darurat Gunung Sinabung masih akan diperpanjang. Selain itu, akunya, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan seribuan personil Brimob untuk membantu proses perbaikan fasilitas dan peremajaan lokasi pengungsi.
 “Saya sudah perintahkan Kapolres Tanah Karo untuk memperbaiki fasilitas hunian pengungsi ini, agar nanti layak dan sehat untuk dihuni keluarga kita yang saat ini masih ada di pengungsian. Kita ketahui, saat ini musim panas dan aroma berbau dari saluran air sangat tidak layak dan tak sehat bagi mereka yag menghuni di sini,” ujarnya.
 Selain mengaku akan terus melakukan peninjauan secara berkala, Kapolda juga meminta pemerintah daerah untuk aktif memberikan dukungan terhadap seluruh program yang dicanangkan untuk para pengungsi. Menurutnya, penanggulangan korban erupsi Gunung Sinabung menjadi tanggung jawab semua pihak.
 “Saya mengapresiasi kehebatan warga mampu bertahan menjalankan aktifitas dalam situasi seperti ini. Anak-anak juga sangat hebat bisa memaknai hidup pasca erupsi. Saya berharap, saudara-saudara sekalian dapat tetap kuat membangun kehidupan yang baru,” katanya.
 Diketahui, dalam kunjungannya bersama Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana itu, Kapoldasu mengunjungi Posko GBKP yang dihuni 435 KK dengan jumlah 1549 jiwa, serta Posko Gor KNPI yang dihuni 350 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 1243 jiwa. Dalam kesempatan itu, Poldasu menyampaikan bantuan kemanusian dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian Kapoldasu yang terdiri atas 10.500 Kg gula pasir, 17.235 Kg beras, 8.729 liter minyak goreng, 1.325 kotak mi instan, dan 300 kotak minuman mineral.
Selain itu, Kapoldasu juga memantau pelaksanaan pengobatan gratis kepada pengungsi yang dilakukan tim gabungan dari Bid Dokkes Poldasu, Rumkit Poldasu, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Karo dengan jumlah 60 dokter.
 Setibanya di lapangan Mako Yonif 125 Simbisa Kabanjahe dengan menggunakan helicopter Polri, Kapoldasu didampingi isteri Roma Megawati br Pasaribu langsung disambut para pejabat utama, Kapolres Tanah Karo, Bupati Tanah Karo, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu. Selanjutnya, Kapoldasu diberangkatkan dengan jajar hormat personil Yonif 125 Simbisa Kabanjahe.
  Setelah disambut dengan Tarian Lima Serangkai persembahan anak-anak pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Rumah Belajar GBKP, Kapoldasu beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke lokasi pengungsi di Posko GBKP dan Posko GOR KNPI, dan selanjutnya melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Tanah Karo dengan disambut unsur Muspida setempat. (SB/AR)

Comments