Gemar Membaca Harus Dibudayakan

Sentralberita| Medan~Sebagai daerah yang telah mendeklarasikan sebagai provinsi literasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut akan mengadakan Gelar Buku 2017 yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu  (28-30/8) di halaman kantornya, Jalan Brigjen Katamso Medan.
Demikian disampaikan Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin H Nainggolan  di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (25/8). Ferlin didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan, Ilyas Sitorus.
“Kegiatan ini untuk menyalurkan virus-virus membaca kepada masyarakat. Apalagi Mei lalu kita sudah mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi. Kita provinsi ke empat, dan disusul nantinya Makassar yang juga akan mendeklarasikan dirinya sebagai provinsi literasi,” sebutnya.
Selain menyalurkan virus membaca, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menanamkan budaya membaca masyarakat. Menjadikan membaca buku sebagai kebutuhan pokok masyarakat. “Budaya baca ini harus dikembangkan. Kita sudah banyak memiliki koleksi-koleksi buku. Apalagi ke depan kita juga mengikuti perpustakaan dalam kompetisi perpustakaan terbaik di Indonesia,” sebutnya.
Untuk di beberapa kabupaten kota, budaya membaca ini sudah mulai banyak dicanangkan oleh masyarakat. Salah satunya masyarakat di Labuhanbatu yang sudah membuat Becak Buku (Bebuk). (SB/husni l)
t

Comments

Tinggalkan Balasan