294 Karateka Bakal Berlaga di Ajan Porkot Medan 2017

Sentralberita| Medan~Ajang Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan 2017 telah dinanti para karateka untuk menjadi yang terbaik. Sebanyak 294 karateka dari 21 kecamatan akan berlaga di GOR Futsal Dispora Sumut Jl. Willem Iskandar/Pancing Medan,10-11 September, sebagai langkah awal para karateka menuju prestasi nasional maupun internasional.

“Porkot Medan yang telah memasuki edisi IX terbukti sebagai ajang pembinaan dan prestasi bagi karateka kota Medan. Program rutin tahunan KONI Medan menjadi langkah awal bagi karateka untuk menuai prestasi nasional maupun internasional” ujar Ketua Panitia Cabor Karate Porkot Medan Mulyadi (foto), di Medan.

Dia mengatakan sederet nama karateka Medan telah mengharumkan kota Medan maupun Sumut dalam tingkat nasional maupun internasional. Misalnya, Jhoni Abdillah Si­barani dan Wan Nurul Kejur­nas Karate 2015 di Medan. Fernanda Edianto yang berlaga di Thailand Open Karate Championship 2016 di Bangkok. Dwi Fadilah dan Nicky Dwi Oktari Putri Isyelda sukses menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia antar pelajar, Couple Internationale de Kayl Luxemburg 2016.

“Yang teranyar karateka Medan Desyinta Banurea dan Jintar Simajuntak memperkuat tim Indonesia di Sea Games XXIX/2017 di Malaysia dan berhasil mempersembahkan medali untuk kontingen Merah Putih” sebutnya.

Mulyadi menambahkan Forki Medan selalu menjadi langganan juara umum dalam level daerah. Para karateka Medan selama ini memang selalu mendominasi pada setiap kejuaraan daerah dan mampu tampil sebagai juara umum. Torehan prestasi diantaranya merebut ge­lar juara umum kejuaraan ka­rate Piala Walikota Tebing Ti­nggi I/ 2014, Juara Umum Porwilsu 2014, kemudian juara umumPorprovsu 2014 dengan memperoleh 9 medali emas 5 perak dan 8 perunggu dan juara umum Piala Gubsu 2017 yang baru usai digelar dengan torehan 7 emas, 5 perak, 6 perunggu. Tidak hanya itu, karateka M Arif Fadillah juga mendapat penghargaan best of the best nomor junior putra.

Lebih lanjut ia menuturkan penampilan ge­mi­lang karateka Medan membuktikan pembinaan intensif yang dilakukan KONI Medan berkerjasama dengan FORKI Medan, dengan sistem atlet binaan, terbukti telah menunjukkan hasilnya dengan raihan prestasi terbaik. Untuk pembinaan lebih lanjut Forki Medan akan mempersiapkan karateka untuk menghadapi Porwilsu dan Porprovsu tahun depan. Kontingen Medan akan diperkuat karateka melalui seleksi dan penjaringan arena Porkot.

“Sebanyak 294 karateka dari 21 kecamatan akan berlaga di arena Porkot, dibandingkan tahun sebelumnya peserta sebanyak 250 karateka. Jadi tahun ini ada kenaikan sebesar 15.47 persen para peserta yang ikut berkompetisi dengan mempertandingkan sebanyak 13 kelas putra dan putri” terangnya.

Dia mengharapkan para karateka sebelum bertanding meningkatkan semangat, menjalankan seluruh program latihan dan benar-benar siap untuk menghadapi laga di ajang Porkot, nantinya. Apalagi Forki Medan di bawah kepemimpinan Asrul Benny Harahap memiliki catatan prestasi bagus di tingkat nasional maupun berskala internasional,” tandasnya/ (SB/husni l)

Comments

Tinggalkan Balasan