Meneruskan Usaha Orangtua, Martabak dan Roticane India jadi Kuliner Favorit di Medan

Sentralberita| Medan~ Martabak dan roti cane menjadi kuliner khas kota Medan,  meskipun dahulunya roti cane dan martabak India ini adalah salah satu kuliner khas masyarakat sukuI India Tamil, cane menjadi kuliner favorit warga kota Medan, bukan hanya masyarakt kota Medan saja bahkan wisatawan dari luar daerah juga menggemari .

Paada mulanya, masyarakat Tamil yang migran ke Indonesia selain bekerja sebagai penjaga kebun, sebahagian masyarakat Tamil juga memiliki pekerjaan sebagai pedagang dengan menu andalan khas india, sajian yang digagang seperti makanan khas india yakni martabak telur dan roti cane.  Hingga saat ini,  martabak telur khas india ini menjadi menu favorit masyarakat sumatera utara dan sudah menjadi kuliner khas kota Medan.

Proses pembuatan martabak dan roti cane juga terbilang tidak mudah. Dengan bahan baku tepung trigu dan telur diracik menjadi satu,  setelah jadi adonan barulah dibentuk seperti lingkaran, sehingga roti cane siap dimasak. Sementara proses pembuatan kulit martabak juga dibuat dari bahan tepung yang diadon.

Setelah adonan roti cane selesai, barulah masuk dalam proses pemasakan. Pemilik warung martabak tersebut memasak roti cane dan martabak tidak menggunakan kompor, namun melainkan menggunakan bahan bakar arang sehingga masakan yang dimasak akan terasa lebih enak dan berlemak.

Sementara proses pembuatan martabak tersebut dengan menggunakan telur sebagai bahan dasar martabak,  kemudian dicampur dengan daun bawang cabai merah yang sudah diiris/ kentang yang sudah dikukus dan diberi bumbu/ serta kuah kari kambing yang membuat martabak semakin nikmat dan lezat.  Setelah dimasak, barulah disajikan ke pengunjung dengan ditambah kuah kari kambing.

Salah seorang penikmat martabak,  Widya mengatakan karena suka dengan telur dirinya memilih martabak sebagai makanan favoritnya dan rasanya unik dan enak sehingga menambah kecintaannya kepada martabak india ini.

Sementara itu,  Raten Kumaren pedagang martabak mengatakan, roti cane dan martabak ini berasal dari india dan sampai ke Indonesia dibawa oleh para imigran asal india yang merantau ke Indonesia dan di India roti cane ini disebut dengan roti perasa.  dirinya dari kecil sudah ikut orangtuanya yang berdagang kuliner khas india ini sejak tahun 1963 warung martabak ini sudah ada dan menjadi mata pencahariannya untuk menghidupkan tiga anaknya.

Meskipun kuliner seperti martabak dan roti cane berasal dari negera india, namun saat ini kuliner ini sudah menjadi kuliner khas kota medan martabak india ini jelas berbeda rasa dengan martabak yang ada di kota-kota lain luar sumatera utara bagi anda penikmat kuliner dapat datang ke jalan cikditiro medan Sumatera Utara/ (SB/AR).

 

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan