Ini Jurusan Paling Susah Kuliah

Sentralberita| Jakarta~ Jurusan Ternyata jusan bisa mempengaruhi seberapa keras untuk mendapatkan gelar sarjana.

Pasalnya, setiap jurusan perkuliahan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Nah, bila sebelumnya ada deretan jurusan kuliah termudah, berikut ini jurusan kuliah tersulit yang dilansir dari The Best Colleges, (7/7/2017).

Peringkat pertama dalam jurusan kuliah tersulit jatuh pada jurusan biologi. Pada jurusan ini kamu akan dikenalkan dengan beragam ilmu hayati seperti anatomi, neuroscience, dan genetika. Masuk ke dalam jurusan tersulit, IPK yang diraih para mahasiswanya yakni 3,2. Namun, untuk gaji rata-ratanya sangat tinggi yakni sekira USD96.000 atau setara Rp1,2 triliun.

Ilmu Komputer

Nah, jurusan ini adalah jurusan yang saat ini sedang diminati para mahasiswa. Pasalnya, di tengah gempuran teknologi, ilmu komputer sangatlah penting untuk masa depan yang cerah. Di jurusan ini kamu akan belajar matematika dasar, kalkulus, pemograman, dan lainnya. Sama seperti biologi, rata-rata mahasiswa pada jurusan ini meraih IPK 3,2. Namun, pendapatan yang dihasilkan alumninya juga tinggi yakni USD83.000 atau setara Rp1 triliun.

Teknik Sipil

Gelar teknik masuk ke dalam jurusan paling sulit ditempuh. Pasalnya, di jurusan ini kamu menemukan mata kuliah kimia, fisika, kalkulus, statistik, geologi, dan biologi. Berdasarkan data, teknik juga memiliki tingkat drop out yang tinggi. Untuk IPK rata-rata mahasiswa di jurusan ini mencapai 3,3. Sedangkan untuk pendapatan alumninya juga tergolong tinggi yakni SD83.000 atau setara Rp1 triliun.

Teknik Mesin

Masih ke dalam lingkup teknik, teknik mesin masuk dalam jajaran jurusan kuliah paling sulit. Mahasiswa pada jurusan ini diharapkan mampu mengusasai kombinasi antara teknik fisika, desain, manufaktur yang kompleks untuk memproduksi mesin. Jadi tak mengherankan apabila teknik mesin masuk ke dalam jajaran ini. IPK rata-rata yang dihasilkan mahasiswa jurusan ini yakni 3,3. Sedangkan pendapatannya mencapai USD87.000 atau setara Rp1,1 triliun.

Ilmu Kemasyarakatan

Jauh dari ilmu sains, kimia, fisika, dan semacamnya, jurusan ilmu kemasyarakatan rupanya masuk ke dalam salah satu jurusan tersulit. Sebabnya, ilmu sosial merupakan ilmu yang sifatnya misterius. Kamu akan mempelajari ilmu psikologi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan politik. Dibutuhkan kecerdasan untuk melalui kuliah ilmu kemasyarakatan ini. Buktinya, rata-rata IPK mahasiswanya hanya mencapai 3,3. Sedangkan untuk selisih pendapatan dengan jurusan lain sangatlah signifikan yakni USD47.000 atau setara Rp619 juta. (SB/oz

Comments

Tinggalkan Balasan