Tengku Erry: Tambang Emas Martabe Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Sentralberita| Tapsel~Sebelum kembali ke Medan melalui Bandara FL. Tobing, Pinang Sori dalam rangkaian Safari Ramadhan Pemprovsu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama  Kapolda Sumut yang akan menjabat Gubernur Akpol Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyempatkan diri meninjau kawasan Tambang Emas Martabe PT Agincourt Resources di Desa Napo, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (16/06/2017).

Kehadiran rombongan langsung disambut  Director PT Agincourt Resources Washington Tambunan, sejumlah manager dan staf. IKut mendampingi Gubernur sejumlah SKPD Pemrov Sumut dan Ketua TP PKK Hj Evi Daian Sitorus.

Tengku Erry menyebutkan, tambang emas Martabe adalah tambang emas dan perak kelas dunia. Untuk itu kami berharap sebagian deviden yang diperoleh hendaknya dapat diberikan kepada Pemda setempat agar dapat dipergunakan untuk program pengembangan masyarakat di sekitar tambang emas Martabe dimana pengelolaan dananya diserahkan kepada Pemkab Tapsel.

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kerjasama saling menguntungkan antara pemerintah daerah dengan swasta, sekaligus meningkatkan rasa memiliki pemerintah daerah dan masyarakat terhadap tambang emas dan perak Martabe.

Oleh karenanya, Tengku Erry Nuradi meminta eksplorasi dan eksploitasi penambangan emas di kawasan Tambang Emas Martabe mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menurutnya, proses ekplorasi dan eksploitasi emas tidak hanya mempertimbangkan dampak lingkungan semata, tapi juga memperhatikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Tambang Emas Martabe harus berkontribusi meningkatkan kesejahteraan  masyarakat di wilayah konsesi. Baik sejahtera dalam bentuk tingkat perekonomian, peningkatan kualitas pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat,” harap Erry saat meninjau tambang tersebut.

Erry juga mendorong PT Agincourt Resources menyalurkan dana Corporate Social Rensponsbility (CSR) tepat guna, tidak hanya sekadar memenuhi tanggungjawab semata. “Ajak Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota yang berada di kawasan konsesi untuk berdiskusi, kemana dana CSR disalurkan. Tujuannya agar penyaluran dana CSR tepat guna dan berdaya guna,” saran Erry.

Disamping nendorong penyaluran dana CSR, karena tambang ini sangat rentan dengan lingkungan hidup maka Gubsu juga menghimbau agar PT Agincourt Resources menjaga kelestarian lingkungan hidup.(SB/Husni L)

Comments