Sekda Medan Terima Kunjungan Kerja Wakil Walikota Bitung

Sentralberita| Medan~ Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang ( PKP2R) Ir.Sampurna Pohan menyambut baik kunjungan Kerja Wakil Walikota Bitung Ir.Maurist Mantiri,MM bersama staf serta rombongan, Kamis ( 15/6) di Balaikota Medan.

Kota Bitung adalah salah satu kota di provinsi di Sulawesi Utara. Kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. 

Luas daerah Bitung sekitar  127,5 mi², dan mempunyai 44 Kepala Lingkungan.  kota pelabuhan dengan pesona bahari, pesona kuliner dan budaya ini, dapat ditempuh selama 1,5 jam dari kota Manado dengan berkendara.  Bitung Berada di Timur laut Tanah Minahasa, dan berjarak 45 kilometer dari ibukota Sulawesi Utara, Menado.

Bitung juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata, berkat keindahan alam bawah laut, pesona pantai, pesona flora dan fauna serta keunikan budaya. Dengan luas wilayah  304 Km2 an populasi penduduk sebanyak 175.137 jiwa, wilayah Kota Bitung terdiri dari daratan di kaki Gunung Dua Saudara dan Pulau Lembeh yang dikenal dengan titik selam terbaik di dunia. Kota Bitung berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara di sebelah Utara dan sebelah Barat, Laut Maluku di sebelah Selatan dan sebelah Timur.,”ujar Maurist.

Menurut Maurist atau mantan DPRD Kota Bitung tiga priode itu,   Komposisi penduduk Kota Bitung yang multikultural menyumbang kekayaan budaya kota cantik ini. Dengan mayoritas  Etnis Minahasa dan Etnis Sangihe, akulturasi budaya Bitung juga berkat persinggungan dengan etnis lain yang ada di kota ini. Seperti Jawa, Gorontalo, Minang, Tionghoa, Aceh, dan lain sebagainya. Mayoritas masyarakat Kota Bitung beragama Kristen Protestan, tetapi agama lain seperti Katolik, Islam, Konghucu, Buddha, dan lainnya hidup berdampin ecara geoposisi, Bitung terletak di bibir Pasifik (Pacific Rim).

Posisi strategis ini menjadikan Bitung menjadi simpul kegiatan perniagaan baik regional maupun internasional. Ekspor produk wilayah Indonesia Timur yang berasal dari Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, NTV, NTT, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berpusat dari pelabuhan internasional Bitung. Secara internasional, Kota Bitung memiliki akses terhadap BIMP-EAGA (kerjasama ekonomi sub-regional Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philippines – East ASEAN Growth Area) serta  AIDA (Australia-Indonesia Development Area), Asia Timur, dan Pasifik.gan dengan harmonis.  ovinsi Sulawesi Utara ini.

Sebelumnya, Ir.Syaiful Bahri Lubis menjelaskan pertemuan ini bukan hanya kepentingan Kota Bitung, akan tetapi saling mempunyai kepentingan. Untuk itu kami atas nama pemerintah kota Medan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Wakil Walikota Bitung bersama jajarannya yang hari ini kita saling bertukar informasi. Tidak hanya Bitung yang mempunyai kepentingan kepad kota Medan akan tetapi sebaliknya juga,” ungkap mantan Kepala Bappeda Kota Medan itu.

Kalau Bitung mempunyai Kepala Lingkungan hanya empat ratusan, sementara Kota Medan 2000 lebih, maka kedepan direncanakan bakal ada pemekaran Kecamatan-Kecamatan yang padat Penduduk, karena juml;ah penduduk terus bertambah,:ujarnya.  Acara diakhiri dengan saling bertukaran cendramata. (SB/01)

2 thoughts on “Sekda Medan Terima Kunjungan Kerja Wakil Walikota Bitung

  • Januari 6, 2024 pada 8:20 pm
    Permalink

    218117 538323I enjoy your composing design, do carry on creating! I will be back! 567044

  • Maret 15, 2024 pada 1:26 pm
    Permalink

    91329 101352This sort of in search of get the enhancements produced on this particular lifestyle and diet, begin your L . a . Shifting the pounds diet remedy can be a huge procedure into accesing which typically hope. weight loss 996709

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *