Petani Tersenyum Harga Kakao Rp 20 Ribu/Kg

Petani saat memanen buah kakao (F/SB.dok)

Sentralberita – Asahan | Petani kakao di Asahan bisa tersenyum karena harga jual kakao kering naik jadi Rp.20 ribu/kg menjelang lebaran.

Hal itu dikatakan Suryadi (55) petani kakao warga desa Airjoman, Kamis (8/6) saat dikonfirmasi di gudang tempat penampungan hasil bumi di Jalan Panglima Polem Kisaran, cukup lumayan agen berani membeli kakao kering dengan harga Rp.20 ribu/kg, ” sebelumnya agen hanya berani membeli kakao kering dengan harga Rp.18 ribu/kg ” ujar Suryadi dengan wajah sumringa.

Naiknya harga jual kakao menambah semangat, apalagi saat ini menjelang lebaran dimana banyak kebutuhan, tambahnya.

Masih kata Suryadi, saat ini tanaman kakao tidak lagi menjadi tanaman idolah sebab banyak tanaman kakao yang ditumbangi oleh petani dan diganti menjadi tanaman kelapa sawit, ” banyak ditumbangi sebab hama buah kakao tidak bisa dikendalikan oleh pestisida biasa dan pihak penyuluh pertanian sepertinya tidak mau ambil pusing dengan keluhan petani “, keluhnya.

Sementara Herman agen penampungan hasil bumi saat dikonfirmasi membenarkan prihal naiknya harga pembelian kakao dari petani, sudah hampir sepekan ini pihaknya berani membeli kakao dengan harga Rp.20 ribu/kg, ” permintaan tinggi sementara pasokan dari petani sedikit sehingga memicu naiknya harga pembelian “, jelas Herman. (SB/susilawadi)