Pertama di Indonesia Terapkan Penerimaan Siswa Baru SMA/SMK secara Online

Sentralberita| Medan~ Untuk yang pertama di Indonesia, Provinsi Sumatera Utara menerapkan pendaftaran online pada penerimaan siswa baru untuk SMA dan SMK negeri. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online mulai dilaksankana pada tanggal 12-22 Juni 2017 serempak di 33 kabupaten/kota.

Gubsu H T Erry Nuradi memantau langsung pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di SMAN 1 Medan, Senin (12/06) .  HAdir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, anggota Dewan Pendidikan Sumut, Kepala SMAN 1 Medan dan lainnnya.

“Hari ini dunia pendidikan Sumut memulai sistem baru dalam penerimaan siswa baru yaitu PPDB online untuk tingkat SMA. Sekarang semua orang bisa memantau sistem ini melalui smartphone atau komputer masing-masing. Ini tentu sangat positif sekali dalam rangka transparansi, mencegah korupsi dan KKN,” kata  Gubsu Erry.  

PPDB online merupakan salah satu aplikasi yang dibangun Pemprov Sumut dalam rangka penerimaansiswa baru SMA dan SMK setelah kewenangan pengelolaan pendidikan tingkat SMA/SMK dialihkan ke Provsu.

Gubernur menyambut baik terobosan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan dalam penggunaan sistem elektronik yang dewasa ini sudah tidak terelakkan lagi. “Sekarang ini niat sudah ada, sistem ada dan  tinggal pelaksanaan. Kalau berjalan baik, maka kita bisa menjadi contoh di Indonesia. Saya ingin Sumut selalu menjadi yang terdepan, kita harus jadi leader bukan follower.,” kata Erry. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan