Inilah Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Lelah Ketika Mudik

Sentralberita| Jakarta~Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari lagi. Banyak dari kita yang berada jauh dari kampung halaman sudah mulai mengemasi barang-barang bersiap untuk pulang. Bahkan ada pula yang telah melakukan mudik dari saat ini.

Namun ada satu kendala yang sering dirasakan oleh orang-orang yang melakukan mudik dengan berkendara sendiri baik menggunakan motor ataupun mobil yaitu mudah merasakan lelah. Hal ini memang sering dirasakan ketika melakukan mudik.

Nah, untuk mengatasi lelah saat mudik, ini tipsnya Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Lelah Ketika Mudik.

Tips Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah Saat Mudik

1. Menjaga tubuh untuk tetap fit
Meskipun Anda dalam keadaan puasa bukan berarti puasa halangan untuk berolahraga. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa dengan cara berolahraga. Agar olahraga tidak mengganggu puasa Anda, sebaiknya lakukan olahraga satu jam sebelum atau sesudah berbuka puasa.

2. Kurangi konsumsi karbohidrat saat sahur
Saat sahur sebaiknya Anda tidak mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak bila Anda berencana untuk melakukan perjalanan mudik. Tentunya Anda mengetahui bahwa karbohidrat mengandung glukosa yang akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat melakukan proses pencernaan. Anda akan mudah merasa lelah jika tubuh terlalu banyak menghabiskan energi untuk mencerna karbohidrat. Untuk itu batasi konsumsi karbohidrat agar tidak mudah lelah saat di perjalanan.

3. Istirahat sebelum melakukan perjalanan
Sebaiknya sebelum berangkat Anda harus beristirahat terlebih dahulu. Tidur selama 20-45 menit sebelum berangkat dapat mencegah rasa kantuk dan lelah ketika mengemudi. Untuk itu penting bagi Anda melakukan hal ini sebelum berangkat.

4. Tentukan waktu agar terhindar dari macet
Dengan menentukan waktu perjalanan yang tepat Anda dapat terhindar dari kemacetan yang sering dialami oleh pemudik. Kemacetan dapat membuat Anda stres sehingga membuat Anda cepat merasakan lelah.

Baca juga: Cara Alami Mencegah Kanker Usus Besar Dengan Makanan-Makanan Sehari-Hari Yang Sering Kita Lihat

5. Hindari sinar matahari
Melakukan perjalanan pada malam hari dapat menjadi pilihan Anda untuk melakukan perjalanan mudik. Bila Anda melakukannya pada siang hari, sinar matahari yang terlalu panas akan membuat Anda mengalami dehidrasi sehingga konsentrasi Anda dalam berkendara akan berkurang.

6. Beristirahat tiap 2 jam sekali
Agar stamina Anda tetap terjaga dan tidak kelelahan sebaiknya lakukan istirahat setiap 2 jam sekali. Beristirahatlah 15 hingga 30 menit untuk melemaskan otot-otot yang tegang akibat melakukan perjalanan.

7. Putar musik atau lagu kesayangan
Putarlah lagu kesukaan Anda yang membuat semangat. Jangan memutar musik yang membuat Anda mengantuk, hal ini dapat membahayakan Anda.

8. Siapkan pengemudi cadangan
Bila perjalanan yang akan Anda tempuh sangat jauh, usahakan untuk membawa pengemudi cadangan. Batas kemampuan seseorang dalam mengemudi hanya 12 jam. Setelah 12 jam sebaiknya Anda bergantian dengan pengemudi cadangan untuk mengemudi.

One thought on “Inilah Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Lelah Ketika Mudik

  • Februari 11, 2024 pada 11:21 am
    Permalink

    547431 404867actually good post, i definitely love this web site, maintain on it 896879

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *