Inilah Duta Siswa Pertukaran Mengenal Nusantara

Sentralberita| Medan~ Duta siswa mengenal nusantara diharapkan tak hanya memperkenalkan budaya Sumatera Utara di tingkat nasional khususnya di Sulawesi Barat (Mamuju). Hal itu disampaikan Ny Evi Diana Erry Nuradi pada acara pembukaan Seleksi Pertukaran Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Jumat malam (16/6) di Hotel Grand Antares Medan.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Direksi PT Pelabuhan Indonesia I Persero Medan yang diwakili Asisten Senior Manajer SDM Irwansyah, Kasubag Bina Lingkungan dan CSR PTPN IV serta para siswa SMA,SMK dan SLB se Sumatera Utara. Seleksi ini diikuti oleh 43 orang dari 33 Kabupaten/kota dan diselenggarakan mulai tanggal 16 hingga 18 Juni 2017.

Menurut Evi Diana, program siswa mengenal nusantara adalah program untuk menanamkan rasa bangga kepada generasi muda sebagai bangsa yang memiliki kekayaan nusantara.

“Melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan kunjungan ke Sulawesi Barat, bagi SMN juga bagian dari bingkai persatuan dan kesatuan,”paparnya.

Untuk itulah kata Evi lagi prinsip ini mengharuskan kita bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama dan adat kebiasaan yang majemuk. “Hal itu mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia untuk itu program ini harus didukung dan sukseskan,”jelasnya.

Selanjutnya kepada panitia seleksi dalam pelaksanaan seleksi ini Evi berharap agar dapat berjalan aman ,tertib dan lancar. Selain itu diharapkan agar seleksi ini berjalan dengan adil pilihlan calon duta Sumut sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Sebagai perempuan nomor 1 Sumut, Evi juga berpesan kepada siswa yang menjadi duta tidak hanya mengenalkan kebudayaa Sumut di Mamuju, juga galilah kebudayaan di sana da jadikanlah keberagaman ini menjadi suatu keindahan. (SB/Husni L)

Comments