816 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka Medan Tahun 2017

Walikota sematkan secara simbolis tanda peserta paskibraka kota Medan (foto/SB/Ist)

 Sentralberita|Medan~Sebanyak 816 siswa tingkat SMA yang berasal dari 51 SMA Negeri dan SMA Swasta se Kota Medan mengikuti Gelar Aksi Paskibra (GAP) dan Seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan Tahun 2017 di Lapangan Benteng Medan, Rabu (5/3)

GAP dan Seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan Tahun 2017 diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si didampingi Pasi Ops Kodim 0201/BS, Mayor Inf. E.A Sitompul dan Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan Marah Husin Lubis, SH.

Dalam arahannya Walikota Medan mengungkapkan bahwa Paskibra merupakan kegiatan ekstrakurikuler positif di kalangan pelajar, tidak hanya mengasah siswa dalam ketangkasan baris-berbaris, melainkan juga sebagai sarana latihan kedisiplinan diri, sikap mental, serta kekompakan tim.

“Saya berharap GAP dan Seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan ini bisa berjalan lancar, tertib, maksimal serta dapat berdampak luas dalam program pengembangan dan pembentukan pribadi dan karakter pelajar di Kota Medan terutama guna menjauhi generasi muda kita ini dari bahaya narkoba yang sudah sangat membahayakan,” ungkap Eldin.

Dirinya mempersilahkan setiap sekolah yang bertanding untuk bersaing sehat sportif dan sehat untuk menjadi yang terbaik di tingkat Kota Medan. Tunjukkan kreatifitas dan sinergitas siswa dalam keselarasan gerak dan keindahan suatu tim yang dapat memperlihatkan identitas dirinya sebagai Paskibra.

Untuk seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan Eldin berpesan agar memberikan usaha yang terbaik karena yang terpilih untuk menjadi utusan Pengibaran Bendera Pusaka adalah tugas yang mulia dimana nantinya hanya orang-orang terpilih melalui seleksi ketat dari tim seleksi yang bisa melaksanakannya.

Sementara itu Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan Marah Husin Lubis, SH menerangkan bahwa Perlombaan GAP ini akan berlangsung selama 3 hari, sejak Rabu (3/5) sampai Jumat (5/3) mendatang. Hari Rabu dan Kamis akan dilaksanakan Lomba Formasi dan LKBB serta Jumat akan dilaksanakan seleksi Paskibraka Kota Medan.

“Selain itu kita akan fasilitasi juga para pelajar yang ingin mengabdikan dirinya untuk menjadi bagian dari Paskibraka Tingkat Kota Medan. Nantinya dari 816 peserta yang mengikuti perlombaan ini akan diseleksi secara ketat untuk menjadi perwakilan siswa se-Kota Medan dalam Pengibaran Bendera HUT RI ke-72 Tingkat Kota Medan mendatang,” ujarnya.

Selanjutnya sambung Kadispora Medan yang didampingi oleh Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Medan, Taufik Kamis Hasibuan, dari seluruh pelajar yang lulus ini akan dikirimkan 2 pasang terbaik untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.

GAP ini akan memperlombakan 2 jenis perlombaan yakni Lomba Formasi Pengibaran Bendera dan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Setiap tim berisikan 16 siswa untuk setiap kategori perlombaan tersebut. (SB/01/HS)

Comments