Pemko Binjai Luncurkan Aplikasi ePBB

Sentralberita| Binjai~ Pemerintah kota (Pemko)  Binjai terus  berinovasi untuk  mewujudkan Binjai smart city dan memberikan pelayanan yang lebih mudah dan transparan kepada masyarakat. Bekerjasama dengan Bank Sumut, Pemko meluncurkan  aplikasi e-PBB, Senin (17/4/2017) di Lapangan Merdeka Binjai.

Walikota Binjai HM Idaham mengatakan dengan adanya e-PBB  wajib pajak bisa melihat tagihan dan status pembayaran  pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) secara langsung dan online melalui smart phone.

“Aplikasi ini untuk memberi kemudahan bagi para wajib pajak untuk mendapatkan informasi  seputar PBB, misalnya tentang jumlah PBB  yang harus  dibayarkan  dan tanggal jatuh tempo,” kata Walikota Binjai HM Idaham SH MSi saat peluncuran.

Aplikasi  ePBB bisa didownload di alamat epbb.binjaikota.go.id  dan nantinya akan bisa didownload di playstore. Namun  aplikasi ini hanya memuat informasi  tentang  PBB, sedang untuk  pembayaran pajak harus dilakukan langsung di Bank Sumut. Walikota HM Idaham berjanji inovasi akan terus dilakukan  agar masyarakat  mendapatkan kemudahan untuk cara pembayaran.

“Kedepan aplikasi ini akan terus kita kembangkan  sehingga para wajib pajak dapat melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, mobile banking  dan gerai – gerai minimarket,” kata Walikota.

Walikota Idaham mengharapkan dengan adanya aplikasi e-PBB dan kemudahan pembayaran, akan semakin meningkatkan pencapaian realisasi dari target  yang telah ditetapkan.

Dijelaskan oleh Walikota  target PBB-P2 Kota Binjai untuk tahun 2017 adalah sebesar Rp. 9,1 milyar, atau meningkat sebesar Rp.2 milyar rupiah  dari target  tahun 2016. Dimana pada tahun 2016  target PBB-P2 Kota Binjai sebesar Rp.7,1 milyar  dan realisasi  hampir  sebesar Rp.7,3 milyar.

Walikota HM Idaham menegaskan sesuai dengan visi menjadikan  Binjai sebagai kota cerdas, Pemko Binjai akan terus memunculkan aplikasi baru untuk memberikan pelayanan publik yang  lebih mudah dan transparan. Bahkan saat ini  Binjai  dipilih  oleh BPK perwakilan Sumut sebagai pilot project eAudit, yaitu  pemeriksaan yang dilakukan secara real time dan terhubung langsung  dengan BPK Pusat melalui  Binjai Command Center.

Pada  kesempatan itu,  Walikota HM Idaham didampingi Pimpinan Bank Sumut cabang Binjai Agus Condro Wibowo membayarkan PBB melalui mobil kas Bank Sumut  dan menyerahkan  bantuan yang berasal dari CSR Bank Sumut.  Acara  dihadiri  para asisten, staf ahli walikota  dabn pimpinan SKPD pemko Binjai. (SB/01/Anin)

Comments

Tinggalkan Balasan