Hinca Panjaitan Dirikan Rumah Politik di Medan

Sentralberita| Medan~Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mendirikan rumah politik di Kota Medan. Pendirian rumah politik sebagai upaya melahirkan politisi yang berkualitas asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan mampu berbicara di tingkat nasional.

 

Menurut Hinca, politisi serta pimpinan daerah yang berasal dari Sumut tidak pernah muncul lagi. Sedangkan politisi yang lama malah masuk penjara karena tersangkut persoalan hukum.

“Coba siapa politisi asal Sumut yang dikenal ditingkat nasional, sudah tidak ada.Terakhir itu Akbar Tanjung, serta Kosmas Batubara. Selepas itu tidak ada lagi,”kata Hinca saat memberikan arahan didepan 30 orang asal Kota Tebing Tinggi yang ikut di dalam pelatihan kelas rumah politik di Jalan SM Raja, kemarin.

Menurutnya, politisi Sumut kini defisit. Karena sudah 25 tahun tidak ada regenerasi. Melalui rumah politik ini, dirinya ingin menghasilkan politisi berkualitas yang dikenal sampai tingkat nasional.

“Ini juga dalam rangka Ikhtiar Untuk Indonesia Siapkan Pemimpin Masa Depan Abad 21. Sebagai orang Sumut, saya merasa terpanggil. Kalau pun saya meninggal nanti, ada sesuatu yang sudah diperbuat untuk negara ini,”jelasnya.

Hinca menjelaskan, jalur politik menjadi salah satu jalur penting untuk memberikan sumbangsih bagi budaya, negara dan bangsa. Akan tetapi dibutuhkan pengetahuan yang benar tentang politik agar tidak justru membawa keburukan bagi sesama.

“Itulah tujuan dari rumah politik ini, saya ingin memberikan pengetahuan dan pemahaman politik kepada siapa saja yang ingin belajar tentang politik,” tegasnya.

Rumah Politik ini, lanjut dia, bukan hanya untuk pengkaderan bagi kader partai Demokrat. “Saya tekankan disini, rumah politik ini terbuka untuk umum dan siapapun, setelah dari komunitas Bongso Juara asal Tebing Tinggi, akan ada pertemuan dengan salah satu komunitas Batak. Kalaupun ada remaja mesjid ataupun remaja gereja yang ingin mengikuti kelas politik disini, kita terbuka. Rumah Politik ini milik Hinca Panjaitan yang menjabat Sekjen DPP Partai Demokrat,”paparnya.

Sementara Hendrik H Sitompul bersama Panti Silaban, Gideon Simamora, Herri Zulkarnaen, Dormauli Silalahi dan Jumaini Sihombing dari Komunitas Bangso Juara mengapresiasi kegiatan pencerdasan pengetahuan masyarakat soal pendidikan politik yang dilaksanakan di Rumah Politik Hinca Panjaitan.

Menurutnya, kegiatan tersebut diperlukan di Sumut. Mengingat para politisi yang lahir dari Sumut belakangan ini mulai berkurang yang bisa berkancah di Nasional.

“Kita bangga dengan pendidikan politik yang digelar oleh Bang Hinca. Semoga kedepannya dari Sumut muncul pemikir-pemikir politik yang sekaliber pendahulu kami seperti Cosmas Batubara dan lain-lainnya,” jelasnya.

Ia juga berharap agar Komunitas Bangso Batak tetap eksis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam berpolitik berkebangsaan.”Dengan begitu, kita selalu akan mensuport kegiatan apapun yang tujuannya untuk perkembangan politik di tanah air,” jelas pria yang juga anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Demokrat itu. (SB/01)

Comments