200 Perserta Ikuti Seleksi PPAN, Kadispora: Kita Haramkan Titipan

Kadispora Baharuddin Siagiaan memberikan sambutan (Foto/SB/01)

Sentralberita| Medan~Sebanyak 200 orang peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut (Disporasu) bida Bina Kepemudaan Disporasu, jum’at (7/4/2017) di Asrama Haji Medan yang dibuka Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian.

Kadispora Sumut dalam sambutannya didepan  para tim penyeleksi, purna PPAN dan kepanitiaan menegaskan, bahwa seleksi ini harus dilaksanakan dengan adil dan sejujur-jujurnya dan tak ada titipan-tipan dan kita haramkan hal seperti itu.

“ Setip tahunnya berlangsung baik dan profesional yang dilakukan tim penyeleksi diantaranya Joharis Lubis, saat ini pun harus lebih bagus agar duta yang terpilih nantinya ke  negara lain mampu menginformasikan yang positif”, ujar dengan dihadiri Ketua PCMI Sumut Zulham Noer, Kabid Kepemudaan M. Thoir, KNPI Budi Nasution dan undangan.

Purna diperkenalkan (foto-SB/01)

“Jangan ada seperti itu kita berdosa nantinya, karena kita termasuk merusak mental genarasi muda, sedangkan tujuan dari PPAN pada hakikatnya untuk mengembangkan wawasan pemuda,”ujarnya mendapat sambutan tepuk tangan dari peserta seraya menyebut bahwa anaknya sendiri tidak diperbolehkannya untuk ikut untuk menjaga kemurnian hasil seleksi, walau diakuinya anaknya juga punya kemampuan seperti bahasa inggris.

Kepada peserta Kadispora berpesan bahwa nantinya ada yang lulis dan ada yang tidak lulus. Semuanya tidak ada yang sia-sia dan hal tersebut merupakan uji diri terhadap kemampuan masing-masing.

Ketua Panitia Rakhana Syahbi menyampaikan, bahwa peserta yang diambil nantinya hanya sebayak 10 orang dari jumlah peserta yang diseleksidan lima orang diantara cadangan. Mereka yang lulus akan dikirim ke lima negara Autralia, Malaysia, India, Jepang, Kanada.

Turut memberikan sambutan mewakili KNPI Budi Nasution,  PCMI Zuham Noer. Sementara salah seorang tim seleksi Jouharis Lubis ketika dimintai pendapatnya akan berlaku obyektif dan selama ini pun hal tersebut telah terlaksana dengan baik.

Adapun materi seleksi bidang/ karakter/FKUB-Sumut, bidang home industri/ Dekranas Sumut, bahasa Inggris/PCMISumut, kepemimpinan/ Unimed, seni dan budaya/TBSU, organisasi kepemudaaan/DPD KNPI, bahaya narkoba/BNN, intipola dasar layanan kepemudaan. (SB/01)

Comments