Pameran Foto Kaleidoskop 2016

Sentralberita|Medan~Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka pameran foto bertajuk Kaleidoskop 2016 di Pendopo Lapangan Merdeka Medan, Jumat (31/3). Pameran foto  gawean Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan  yang berlangsung selama ini, diharapkan dapat menjadi wadah motivasi sekaligus menginspirasi serta merangsang para fotografer untuk terus berkarya.

Selain itu Wali Kota juga ingin para fotografer juga mendukung pembangunan di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini, melalui foto-foto yang mereka jepret. Diharapkan dengan foto-foto yang disajikan itu, masyarakat yang melihatnya bisa tergugah dan ikjut berpartisipasi mendukung pembangunan.

“Saya berharap kalian (pewarta foto) dapat mendukung pembangunan di Kota Medan, salah satunya pembangunan di bidang kebersihan. Kita minta para kalian mau menjepret (memfoto) orang-orang yang membuang sampah sembarangan, terutama dalam parit dan sungai,” kata Wali Kota.

Hasil foto itu, jelas Wali Kota,  dapat menjadi pembelajaran bagi mereka yang selama ini suka membuang sampah semabarangan. “Dengan pembelajaran ini, kita harapkan mereka aklan tergugah sehingga tidak buang sampah sembarangan lagi. Hal ini sangat penting, sebab  selain pemerintah, peran masyarakat juga diperlukan untuk menata Kota Medan untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

Selain Wali Kota, pembukaan pameran foto ini turut dihadiri Kapolretabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 02/01 BS, Kol Inf Bambang Herquanto dan tokoh Masyarakat Sumut, Dato Sri Samsul Arifin serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan pemko Medan.

Sementara itu Ketua Pewarta Foto Indonesia Medan, Rahmad Suryadi mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah para fotografer Kota Medan atas hasil karyanya. Artinya, pameran yang digelar selama tiga hari  sekaligus momen untuk mengingat kembali peristiwa apa saja yang telah terjadi selama tahun 2016. 

“Pameran ini menampilkan 110 foto terbaik di Sumatera Utara sepanjang tahun 2016 yang merupakan karya dari anggota PFI Medan dan komunitas fotografi” jelas Rahmat.

Kemudian Rahmad berharap, Pemko Medan dapat memfasilitasi para fotografer Medan ini untuk menampilkan hasil karya foto terbaiknya dengan mendirikan tempat atau galeri, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan dapat melihat lebih dekat kota ini.(H)