Haryati Sari Said Perkenalkan Produk Kecantikan Lewat Bisnis Online

Sentralberita| Medan~ Wajah yang cantik dan body yang aduhai ternyata butuh perawatan. Hal itu dimanfaatkan oleh ibu lima orang anak ini untuk memperkenalkan produk kecantikan dan kesehatan wajah dan seluruh tubuh lewat bisnis online.

“ Sebenarnya saya bukan mau latah-latahan dan sekedar ikut-ikutan saja meramaikan bisnis di dunia sosmed ini. Tapi, secara tak sengaja, teman-teman banyak yang bertanya pada saya. Kenapa wajah dan seluruh tubuh saya terlihat sehat, bersih dan mulus. Dari atas ke bawah. Biasanya sering kita lihat wajahnya putih tapi lehernya hitam.  Mau tak mau saya buka rahasia, saya memakai salah satu produk kecantikan. Ternyata rahasia saya itu jadi di-ikuti oleh teman-teman,” kata Haryati Sari Said SE memulai obrolannya pada sentralberita.com beberapa waktu  yang lalu.

Menurut Yati, sarana media yang dimanfaatkannya yakni Path. Setelah bisnis online nya berkembang. Yati mulai merambah  dunia maya lainnya mulai dari Facebook, Instgram, Line dan lain-lain. Ternyata respon dari teman-teman dunia mayanya cukup menjanjikan. “  Selain menambah teman dan wawasan kita juga bisa sekalian menggeluti bisnis kita di dunia sosmed ini,” tutur perempuan yang terlihat gesit dan lincah ini.

“ Konsumen biasanya merasa puas memakai produk saya.  Karena cocok dan puas lama-lama mereka jadi langganan saya.  Apalagi, dari satu orang mereka akan memerkenalkan produk saya ini. Begitu seterusnya  hingga semakin berkembang. Jadi, saya merasa ini bukan sekedar aji mumpung saja,” ujar Yati menjelaskan lagi dia tak mau tanggung-tanggung menggeluti bisnis ini, “ saya sudah menjalani bisnis online ini sejak 4 tahun lalu.”

Perempuan yang masih terlihat singset ini. Dia mengaku produk yang dijualnya ini adalah produk dari Jakarta. Tapi,” saya punya Reseller di Medan. Dan, saya bekerjasama dengan reseler itu sejak awal saya mulai berbisnis. Produk yang saya jual adalah produk kecantikan dan perawatan seluruh tubuh,” papar Yati panjang lebar.

Setelah dirasa bisnisnya semakin menjanjikan. Yati semakin terus mempromosikan produknya ke dunia maya. Setiap kali Yati membuat status kalimatnya seperti ini ‘ Kalau mau cantik dan tubuh yang mulus, silahkan cek Akun Facebook saya ’ begitu promosi Yati di akun Facebook nya.

Diakui perempuan yang terlihat sebaya dengan anaknya ini. Produk yang dijalankannya memang masih terbilang mahal. Harganya berkisar mulai dari Rp 500 ribu ke atas. Karena produknya memang nyaman  dipakai serta sudah memiliki balai POM.

Menurut Yati, bisnis online nya ini dinamakannya toko berjalan. Kapan dipesan orang baru produk ‘keluar’.  Apalagi sekarang sedang marak-maraknya bisnis online. “ Bagi saya pribadi ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi kalau kita punya teman atau followers kita banyak, sering selfie dan kita dikenal banyak orang dan otomatis produk kita gampang terjual, ” aku Yati yang pernah dapat keuntungan jutaan rupiah dalam beberapa bulan berturut-turut.

Saat ini, pelanggan Yati masih seputaran Medan dan Sumatera Utara. “ Pernah saya dapat pelanggan dari Malaysia. Tapi, kosumen itu minta agar kami bertemu face to face. Nah, untuk bertemu itulah saya yang masih agak susah. Karena saya harus tetap stay di Medan. Makanya, saya sarankan agar Reseller yang di Medan dijual  juga hingga ke Malaysia,” cetus Yati lagi.

Menurut Yati, sebainya kita juga harus sudah memiliki website. “ Otomatis bisnis kita bisa semakian maju karena kita bias pasang  iklan di website itu. Tapi, sebisa mungkin sebelum produk dikirim saya akan minta uang cas dulu. Karena saya juga tidak mau ditipu konsumen. Barang sudah dikirim tapi uangnya tidak ditransfer,” imbuh perempuan kelahiran 2 Mei 1980 ini.

Semua itu, kata Yati, kunci dalam berbisnis online ini adalah modal kepercayaan. “ Saya tidak mau konsumen itu membeli barang sama saya cukup satu kali saja.  Saya mau mereka beli lagi dan terus jadi langganan saya,” ujar istri seorang pengacara kondang di Medan ini, Bambang Hendarto SH.

Setiap ada kosumen yang mesan produk pada Yati. Dia mengaku merasa seperti akan ada pesanan-pesanan selanjutnya. “ Jadi, pesanan itu seperti memanggil-manggil terus,” aku perempuan yang juga sempat jadi Finalis Putri Matahari Dept.Store, beberapa tahun yang lalu.

Selain berbisnis online, sampai saat ini perempuan ini juga sering dijadikan model beberapa busana untuk beberapa Boutique terkemuka di Medan dan Jakarta.

Namun, bukan hanya hanya para pebisnis online yang lain, sampai saat ini Yati juga masih

mengkawatirkan jika sesewaktu bisnis online ini akan dikenahkan pajak oleh pemerintah.

“ Memang saya belum pernah dengar sampai saat ini. Tapi, saya sempat terpikir juga bagaimana kalau kelak pebinis media online ini akan dikenahkan pajak dalam berbisnis online. Tapi, syukurlah sampai saat ini saya memang belum pernah dengar. Sebenarnya bisnis online ini sangat membantu para pebisnis juga. Selain tak perlu buka toko, waktu untuk menjalankan bisnis ini juga lebih fleksibel.  Yang paling berkesan itu jika konsumen berminat dengan produk kita pasti sebelumnya ada percakapan antara pembeli dan penjual di dunia maya,” tutup Yati tersenyum. (SB/DS)

 

Comments

Tinggalkan Balasan