Melalui UMKM, Pemko Medan Ingin Tembus Pasar Internasinal

Sentralberita| Medan~ Harapan besar bahwa produk-produk UMKM Kota Medan bisa menembus dan bersaing ketat dalam pasar internasional. Untuk itu Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan terus melakukan pematangan pembinaan kepada UMKM Kota Medan.

  Walikota Medan ketika menerima audiensi aktivis perempuan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Perempuan Sumatera Utara (APPINSU) di Rumah Dinas Walikota Medan Selasa (7/2,2017) mengatakan, UMKM Kota Medan  merupakan sarana untuk terus mengembangkan program perekonomian masyarakat, terutama program ekonomi kerakyatan untuk menstimulus masyarakat agar berinovasi dalam berkarya.

“Saat ini kita sudah memiliki banyak produk-produk unggulan dan potensial dari UMKM di berbagai sektor seperti tekstil, makanan, kerajinan tangan. Tinggal dibenahi pada aspek pengemasan dan pemasarannya, karena pada dasarnya hingga saat ini produksi eksport UMKM Kota Medan terus meningkat” ujar Eldin yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan Umum Drs. Musaddad, M.Si dan Kadis Koperasi, UKM Kota Medan, Ir. Emilia Lubis.

Untuk itu program kerja sama yang akan dijalin dengan pemerintah dan pengusaha dari Negeri Jiran tersebut. Menurutnya  adalah peluang besar yang sangat baik bagi produk UMKM Kota Medan menembus persaingan ketat di pasar internasional terlebih perluasan jaringan pemasaran internasional.

“Kita akan terus mendorong seluruh UMKM kita agar berinovasi dan berimprovisasi meningkatkan kualitas produknya. Sistem produksi, pengemasan, hingga pemasaran juga harus kita tingkatkan sambil tetap menjaga nilai-nilai heritage dan ciri khas asli daerah produksinya, dengan demikian akan menghidupkan perekonomian masyarakat,” bilang Eldin.

  Ketua APPINSU dr. Geeta, bahwa kedatangan mereka dalam rangka ingin menyelenggarakan program “Entrepreneur of Millenium Perdasama-APPINSU” yang akan diselenggarakan di Garuda Plaza Hotel, Sabtu (25/2) mendatang.

“Nantinya program ini akan dihadiri oleh Delegasi Perdasama Perak yang terdiri dari Pemerintah Malaysia serta para pengusaha Malaysia. Pada kegiatan tersebut akan sekaligus akan melihat pangsa pasar di Kota Medan yang akan berimbas pada jalinan dan pengembangan investasi ekonomi melalui kerjasama pemasaran produk UMKM Kota Medan antara Pemko Medan dengan Pemerintah Malaysia serta para pengusaha dari Malaysia,” ujar dr. Geeta didampingi oleh Nova Zaini.. (SB/01/HS)

Comments

Tinggalkan Balasan