Keunggulan Anies Didukung Muhammadiyah dan NU, Ini Persentasenya…

Sentralberita| Jakarta~Menurut Direktur Riset LKPI Tatak Ujiyati, Anies-Sandi unggul karena didukung oleh pemilih pemuda di bawah usia 24 tahun (36,4 persen), pelajar (47,3 persen) dan PNS (41,7 persen). Exit poll dilakukan terhadap 744 responden yang telah mencoblos di TPS secara acak.

Tatak juga menyebutkan bahwa pasangan Anies-Sandi didukung penuh oleh kalangan Muhammadiyah (50 persen) dan mereka yang mengaku sebagai NU (37,2 persen).

Tiga suku terbesar di Jakarta yaitu Betawi, Jawa dan Sunda juga condong memilih paslon nomor 3 ini.

“Ditambah lagi, mereka yang mendukung Prabowo-Hatta di Pilpres 2014 bulat mendukung Anies-Sandi. Sementara yang mendukung Jokowi-JK, terbelah dukungannya ke masing-masing kandidat,” kata Tatak di Sofyan Hotel Betawi, Jakarta, Rabu, (15/2).

LKPI juga menemukan bahwa pemilih ibu-ibu yang awalnya mendukung Agus-Sylvi di akhir-akhir pencoblosan banyak yang beralih ke Anies-Sandi. Paslon jagoan Gerindra dan PKS ini juga didukung penuh oleh warga yang berlatar belakang pendidikan tinggi.

Temuan menarik lainnya, LKPI menyampaikan bahwa Partai Demokrat dan partai pengusung paslon nomor 1 ternyata tidak solid di lapangan. Partai Demokrat dan PAN, pendukungnya terpecah antara mendukung Agus-Sylvi dan Anies-Sandi.

“Konstituten Demokrat dan PAN terbelah, ada yang dukung Agus, ada yang dukung Anies. Sementara Gerindra dan PKS sangat solid,” urainya (SB/01/rmol)

Comments