Harga Cabai di Medan Tak Lagi “Pedas”

SentralBerita| Medan~ Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sumut melakukan pengecekan harga komoditas di Pasar Petisah Medan, Jumat (13/1/2017). Sidak ini digelar, karena sejumlah harga sempat melambung tinggi di beberapa kota besar. 

Abdul Hakim Pasaribu, Kepala Kantor KPPU Medan mengatakan, kenaikan harga pada awal Januari lalu, dikarenakan pasokan yang tidak ada.
Sidak dilakukan untuk mencegah terjadinya permainan di sistem tata niaga yang bisa memanfaatkan kekurangan pasokan.
“Seperti kita lihat tadi, pasokan yang tidak ada membuat mahalnya harga di awal tahun. Cuma sekarang perlahan normal kembali,” ungkapnya.
Pihak KPPU menjelaskan akan melakukan pengawasan lebih, agar memang tidak ada permainan yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab terhadap sistem tata niaga, khususnya di Sumatera Utara. 
Menurut Pantauan wartawan, harga di Pasar Petisah Medan masih mengalami fluktuatif. Tapi beberapa harga komoditas sudah kembali normal, namun masih ada juga yang mengalami kenaikan. 
Seperti diketahui harga cabai rawit yang sempat melambung tinggi hingga Rp 80 ribu perkilogram, saat ini turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram.
Serupa dengan cabai merah, saat ini harga per kilogram Rp 40 ribu, yang sebelumnya Rp 60 ribu per kilogram.
Sementara, harga bawang merah saat ini Rp 24 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 28 ribu. Harga bawang putih masih bertahan normal, yakni sebesar Rp 34 ribu per kilogram. (SB/Anin)

Comments