Donald Trump Akan Cari Cara Baru Melawan Negeri Tirai Bambu

Donald Turmp (foto Reuters)

Sentralberita| Jakarta~ Donald Trump yang baru terpilih dan  akan dilantik besok, mengkritisi praktik perdagangan China dan Calon Menteri Perdagangan Wilbur Ross juga melontarkan kritik tajam. Di hadapan senat, dia mengatakan akan mencari cara baru untuk melawan Negeri Tirai Bambu.

Namun, Sun mengatakan pemerintah China mau bekerja sama dengan pemeritah AS yang baru untuk mendorong hubungan komersial yang sehat antara kedua negara.

Pemerintah China yakin bisa menyelesaikan masalah sengketa dagang dengan Amerika Serikat ketika Presiden terpilih Donald Trump resmi menjabat.

“Hubungan komersial Amerika Serikat-China tidak akan melenceng jauh dari keuntungan bersama,” kata Menteri Perdagangan China, Sun Jiwen, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (19/1).

“Kedua pihak mendapatkan keuntungan dengan kerja sama, dan sama-sama dirugikan dengan konflik.” ujarnya.

Sementara itu, surat kabar pemerintah justru menyampaikan pendapat lebih keras.

Dalam editorialnya, Global Times mengatakan China mungkin mengalami kerugian dalam persaingan perdagangan dengan AS, karena Negeri Paman Sam mempunyai kekuatan ekonomi yang lebih kuat.

“Tapi China akan melawan AS sampai akhir,” tulis salah satu media berpengaruh itu.

“Ada hanya ada sedikit kasus di sejarah modern di mana salah satu pihak menyerah dalam persaingan perdagangan; alih-alih kedua pihak saling berkompromi. Bagaimana bisa Trump meyakini China akan menyerah tanpa perlawanan?”

“Trump yang arogan telah meremehkan kemampuan China untuk melakukan pembalasan. China adalah pembeli terbesar kapas, kacang dan pesawat Boeing dari Amerika Serikat.” (SB/01/CNN)

 

Comments

Tinggalkan Balasan