PTS di Sumut Diminta Jadi Pendamping Desa

pdtSentralberita| Medan~Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Sumatera bisa menjadi pendamping desa untuk ikut berperan meningkatkan sumber daya manusia di pedesaan yang ada di Sumatera Utara.

“Sumber daya manusia di desa-desa masih kurang padahal desa memiliki potensi yang cukup besar”, ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo mebuka Musyawarah Wilayah (Muswil)I Sumut, Jumat, (16/12) di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubernuran) Jl. Sudirman No.41 Medan.

Menurutnya, Pemerintah lanjutnya memiliki program pendamping desa, ada empat puluh ribu pendamping desa.

Namun pendamping desa tersebut sifatnya hanya teknis saja untuk instan tetapi filosofinya tidak disitu. Disinilah peran perguruan tinggi-perguruan tinggi.” ujar Eko.

Sumatera Utara lanjut Gubsu, memiliki 5.418 desa dan kurang lebih 600 kelurahan. Desa-desa yang ada di pelosok Sumatera Utara, kalau dilihat dari SDM nya memerlukan perhatian dari kita semuanya.

Jangan sampai dana yang jumlahnya triliyun rupiah yang setiap tahunnya di tambah untuk desa-desa jadi percuma. Disinilah sebenarnya perguruan tinggi-perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting untuk peningkatan SDM-SDM yang ada di Desa.

“Sehingga kepala desa-kepala desa maupun perangkat-perangkat desa SDMnya bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Indonesia.” ujar Gubsu. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan