Tari Kolosal Batak di Medan

peSentralberita| Medan~ Ribuan warga Kota Medan mengikuti Car Free Day  di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (6/11/2016) dan menggelar Lomba Festival Tari Kolosal Batak.

 Seribuan pelajar tingkat sekolah dasar (SD) mengikuti perlombaan tersebut, sehingga Lapangan Merdeka dipenuhi warga yang ingin mengikuti Car Free Day maupun kegiatan lainnya

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasuton mengikuti Car Free Day tersebut.   Sebelum bergabung dengan ribuan masyarakat, Eldin bersama Akhyar lebih dahulu bersepeda bersama sejumlah pimpinan SKPD dan camat serta ratusan masyarakat melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Medan.

Selain mempererat tali silturahmi dengan masyarakat, kegiatan bersepeda ini juga dilakukan Eldin untuk memantau wilayah, baik melihat infrastruktur jalan maupun kebersihan.

Usai bersepeda dan memantau pelaksanaan Car Free Day, Wali Kota  selanjutnya membuka lomba Festival Tari Kolosal Batak yang diselenggarakan Briton International English School bekerjasama dengan Dinas pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan dan Pemuda Muhammdiyah Sumatera Utara.

Eldin sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini, sebab event ini memfokuskan kepada pelestarian budaya dan kesenian, khususnya etnis Batak.

“Kita harus terus menggalakkan gerakan-gerakan yang mengajak masyarakat kembali ke akar budaya bangsa.    Karenanya saya sangat mendukung atas digealrnya Festival Tari Kolosal Batak ini. Melalui perlombaan ini, diharapkan dapat mengingatkan kita kembali akan budaya dan kesenian Batak. Semoga event ini menjadi salah satu agenda dalam menjaga dan melestarikan budaya Batak di Kota Medan,” kata Eldin.(SB/01/H)

Comments

Tinggalkan Balasan