Satukan tekad dan kerja keras Majukan Pendidikan di Sergai

ser1Sentral Berita| Sergai~Pendidikan merupakan upaya membangun budaya dan peradaban bangsa. Oleh karena itu, UUD 1945 secara tegas mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Untuk itu pemerintah secara terus menerus memberikan perhatian yang besar pada dunia pendidikan agar tercapai tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga nantinya akan mewujudkan ketertiban dunia dan kesejahteraan umum.

Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan bangsa dan memberikan kontribusi signifikan atas pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial.  Pendidikan memiliki empat pilar yakni belajar untuk belajar (learning how to learn), belajar untuk mengetahui (learning how to know), belajar untuk menjadi (learning how to be) dan belajar untuk hidup dengan orang lain (learning how to live together) yang akan menciptakan masyarakat terpelajar, maju, mandiri, demokrasi, sejahtera dan ebbas dari kemiskinan.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya saat meresmikan Gedung Baru SMA Negeri 2 Perbaungan di Dusun Duku Desa Melati II kecamatan Perbaungan, Selasa (8/11).

Turut hadir Anggota DPR RI Komisi X dr. Sofyan Tan, Anggota DPD RI Dedi, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, mewakili Forkopimda, Ketua TP. PKK  Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kepala SKPD, Camat dan Muspika Perbaungan, Ketua MUI, Tokoh Gerbang Swara Luna, Koordinator USAID Prioritas Sumut, Ketua WALHI Sumut, Tim TMC, jajaran Dinas Pendidikan, Kepala Desa Melati II dan jajarannya, para KCD, Kepala Sekolah SMP/SMA dan SMK, Ketua Komite, para guru dan siswa SMA Negeri 2 Perbaungan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, insan pers serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sergai bahwa sebagai Kabupaten yang telah mencetuskan wajib belajar 12 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat terus berkomitmen memajukan bidang pendidikan dengan meningkatkan sumber daya dan  infrastruktur, salah satunya dengan pembangunan gedung baru SMA Negeri 2 ini. 

Dari sejarah berdirinya SMA Negeri 2 ini memanfaatkan gedung peninggalan bersejarah dari sejak zaman Jepang, penggunaan gedung ini tidaklah representatif untuk dijadikan tempat untuk belajar. Oleh karena itu dengan adanya hibah tanah dari seorang masyarakat bernama Luna dan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui DPR RI dr. Sofyan Tan akhirnya SMA ini bisa menjadi sekolah yang representatif. 

Dengan diresmikannya gedung baru ini Bupati Soekirman berharap kepada para guru terus meningkatkan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar. Kepada para siswa harus belajar dengan sungguh-sungguh. “Mari satukan tekad, samakan niat agar semua kerja keras dan jerih payah serta harapan dan cita-cita memajukan dunia pendidikan tercapai. Jadikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dapat terwujud”, pungkas H. Soekirman.

Pada kesempatan yang sama anggota DPRD Komisi X dr. Sofyan Tan dalam sambutannya mengucapkan selamat atas peresmian degung baru SMA N 2 Perbaungan ini dan berpesan agar dirawat dan dipelihara dengan baik sehingga dapat terus dipergunakan generasi penerus dimasa mendatang.

Untuk Kabupaten Sergai mendapat bantuan 10 Ruang Kelas Belajar (RKB) SMA dan 2 RKB SMK, 1 ruang laboratorium komputer dan 1 ruang perpustakaan. Disamping itu juga ada 14 sekolah yang mendapat bantuan buku-buku perpustakaan masing-masing sebesar Rp.15.000.000.000,-. Diharapkan dengan suasana yang baru dapat lebih memicu para tenaga pendidik untuk mengajar dan siswa untuk belajar, ujar Sofyan Tan.

Sementara itu Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang dengan ikhlas membantu pendidikan di kabupaten ini. Diharapkan kedepannya lebih memajukan dunia pendidikan di Sergai.

Kadisdik Sergai drs. Joni walker Manik, MM dalam sambutannya berharap para tenaga pendidik dan kepala sekolah jangan merasa cepat puas dengan apa yang telah diraih, tetapi kita harus lebih bekerja keras dan nyata lagi demi memajukan pendidikan di Kabupaten ini.

Sebelumnya, Kepala SMA Negeri 2 Perbaungan Sahono menjelaskan bahwa dengan gedung yang representatif ini sudah mempunyai 7 kelas belajar mengajar, 1 ruang laboratorium komputer, 1 ruang perpustakan dan toilet dengan 386 siswa, 27 guru PNS, 11 guru Honor, 7 orang pegawai tata usaha, petugas kebersihan dan penjaga sekolah. Kami akan terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan sekolah ini agar kedepannya melahirkan generasi bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, unggul dn inovatif.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan Mushallah Nurul ‘Ilmi di area SMA Negeri 2 Perbaungan.(SB/jontob)

Comments