Pertambahan Anggaran P-APBD 2016 Pemko Medan Tidak Realistis

Ratna Sitepu
Ratna Sitepu

Sentralberita|Medan~ Rencana pertambahan anggaran pendapatan daerah Kota Medan pada perubahan APBD  2016 dinilai Fraksi Partai Hanura DPRD Medan tidak realistis.

Dalam padangan umum pada Rapat Paripurna DPRD Medandi ruang paripurna DPRD Medan, , Rabu (19/10/2016), Praksi Hanura mengungkapkan rencana pertambahan target sebesar 286,6 miliar atau 5,51 persen dari APBD induk tahun 2016 sebesar 5,4T sebagaimana yang disampaikan pada nota keuangan atas perubahan anggaran dan belanja daerah kota Medan tahun 2016, sangatlah tidak realistis dibandingkan dengan potensi pendapatan yang ada.

Pertambahan itu tidak menunjukkan hasil kinerja yang sungguh-sungguh dari Pemko Medan, karena bukan merupakan hasil dari sektor pendapatan asli daerah, namun sebagian besar dari sekotor dana perimbangan sebesar Rp. 684,1 miliar lebih.

Sungguh sangat mengecewakan dan bkanlah hal yang membanggakan kita semua,”ujar  Ratna Sitepu SH yang membacakan padangan fraksinya pada paripurna yang dihadiri Sekda Kota Medan dengan pimpinan sidang Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung.

Menurut mereka target pendapat yang telah ditetapkan pada APBD induk tahun 2016 di masing-masing SKPD  sebagaian besr tidk mengalami perubahan bahkan pada sektor pendapatan layanan umum daerah (Blud) mengalami pengurangan.

Seharusnya realisasi penerimaan PAD dari masing-masing sektor sudah seharusnya mengalami peningkatan dan tidak lagi jalan di tempat, palagi di masih di bawah target.

Untuk itu, fraksi Hanura meminta jumlah realisasi anggaran pendapatan yang telah dicapai dari masing-masing d sektor sampai triwulan III, mohon penjelasan?

Karena menurut fraksi Hanura, pajak hotel kurang realistis, pajak restoran masing bisa ditingkatkan pajak hiburan juga, pajak reklame yang seharusnya bisa meningkat tapi mengalami penurunan. Demkian juga pajak parkir kurang realistis dibanding banyaknya lokasi plaza-palaza di Medan, dan lain sebagainya seperti  pajak bumi dan bangunan. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan