Penyuluh Ujung Tombak Pembangunan

nyuluh Memegang Peran Strategis Sukseskan Gerakan Mandiri Pangan

Sentralberita| Sei Rampah ~ Penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan  pertanian memegang peran yang sangat strategis dalam menyukseskan Gerakan Mandiri Pangan sampai ke daerah-daerah. Untuk itu, dengan terus meningkatkan pengetahuan dan memfasilitasi para penyuluh pertanian yang kita punya akan sangat menunjang terwujudnya kemandirian pangan di daerah kita.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melalui Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM di ruang kerjanya di Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (21/10).

Menurut Kabag Humas Sergai bahwa Bupati Ir. H. Soekirman didaulat sebagai narasumber pada acara Pertemuan Fasilitasi Organisasi Penyuluhan Pertanian (Perhiptani, Apkin dan Ipkindo) yang digelar oleh Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bertempat di Hotel Grand Jamee Medan Kamis, (20/10). Melalui materinya disampaikan bahwa keberadaan penyuluh yang handal dan berkompeten sangatlah penting dalam rangka keberhasilan program pertanian serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam acara yang diikuti para  penyuluh dari 24 Kabupaten/Kota dan 3 lembaga penyuluhan ini, Bupati Ir. H. Soekirman sekaligus sebagai Ketua DPW Perhiptani Sumatera Utara (Sumut) membawakan materi mengenai penyuluh inklusif dalam menunjang gerakan mandiri pangan di Sumut.

Salah satu sikap mental yang harus kita tiru adalah pekerja keras, tangguh dan pantang menyerah dalam hal pencapaian kekuatan ekonomi global terbaik di dunia yang dimiliki oleh bangsa China sehingga saat ini mereka mampu mencapai berbagai kemajuan disegala bidang khususnya pertanian.

Oleh karenanya Bupati Soekirman berharap melalui pertemuan fasilitasi ini akan mendukung peningkatan kinerja penyuluh pertanian dilapangan sehingga kedaulatan pangan segera terwujud di Sumut bahkan di Indonesia.

Seperti saat ini Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumut dengan potensi pertanian yang menjadi salah satu sektor andalannya.

Sebagai daerah yang selalu surplus produksi beras setiap tahunnya, Pemkab Sergai melalui program kerjanya selalu memberikan atensi yang besar kepada sektor pertanian sehingga daerah ini dapat terus meningkatkan hasil produksi pertanian untuk mewujudkan Gerakan Mandiri Pangan di Sumatera Utara, pungkas Benny Saragih. (SB/Jhontob)

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang juga sebagai Ketua DPW Perhiptani Sumut memaparkan materi “Penyuluh inklusif dalam menunjang gerakan mandiri pangan di Sumut” pada acara Pertemuan Fasilitasi Organisasi Penyuluhan Pertanian (Perhiptani, Apkin dan Ipkindo) yang digelar oleh Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bertempat di Hotel Grand Jamee Medan. (SB/Jhontob)

Comments