Sumut Juara 2 Nasional Pemuda Mandiri Perdesaan 2016

Muhammad Ja'far Hasibuan, juara 2 tingkat nasional Pemuda Mandiri Perdesaan (google)
Muhammad Ja’far Hasibuan, juara 2 tingkat nasional Pemuda Mandiri Perdesaan (Foto-OB)

Jakarta, ( Sentralberita)-Peserta dari Sumatera Utara,   Muhammad Ja’far Hasibuan,  juara kedua dalam pemilihan Pemuda Mandiri Perdesaan Berprestasi Tingkat Nasional di Bandung oleh Kementerian Pemuda dan Olaraga, (15/9/2016).

Medan, (Sentralberita)-Putra daerah asal Desa Sampuran Simarloting Kecamatan Halu Sihapas Padang Lawas Utara adalah peserta angkatan 25 Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP3) asal Sumatera Utara (Sumut). Ia ditempatkan di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan.

Desa Silo Baru merupakan desa tertinggal yang sulit dijangkau karena akses transportasi jalan yang rusak dan berlumpur ketika pasang surut air laut. Dengan jarak tempuh dari Kota Medan selama 7 jam dan 2 jam perjalanan ke Kisaran, Ibu Kota Asahan, Ja’far tak patah semangat untuk terus berkarya.

Ia berhasil mengembangkan potensi hasil laut, yakni udang halus untuk dikenal luas masyarakat Indonesia.

Dalam lomba Pemuda Mandiri Perdesaan (PMP) tingkat nasional tahun 2016 ini, Muhammad Ja’far Hasibuan dengan bidang usaha Koperasi Silau Terasi meraih nilai 75.38, hanya selisih 0,4 poin dari peserta asal Lampung Hamdan Dewi Maistri yang meraih nilai tertinggi 75.54.

Dewi yang merupakan sarjana pendidikan yang juga peserta Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (PSP3) angkatan 24 itu, merintis usaha Pondok Kopi Kawan. (SB/01/OB)

 

Comments