Ratusan Rumah Terendam Banjir di Amplas, Deni: Perbaikan Goronggorong Harus Skala Prioritas

Lam1Medan, (Sentralberita)- Akibat hujan yang mengguyur kota Medan mengakibatkan ratusan KK rumah warga di Lingkungan IV Kel Timbang Deli Kec Medan Amplas teredam air. Kondisi itu diperparah karena saluran drainase/gorong gorong di Jl Pertahanan dan Gg Saudara Sp Amplas tidak berfungsi/tumpat.

 Dari pengamatan wartawan, Jumat pagi (2/9) ratusan rumah di lingkungan IV teredam banjir. Tampak rumah warga digenangi air setinggi 30 cm dan badan Jalan Saudara sekitar 50 cm sehingga warga tidak bapat melakukan aktifitas kecuali menguras air dari dalam rumah. Sedangkan parit dipenuhi air tidak dapat mengalir akhirnya masuk ke rumah warga.
 
Menurut salah satu warga Maman, kondisi banjir kerap terjadi setiap turun hujan. Drainase di sisi kanan-kiri Jl Pertahanan tidak berfungsi, begitu juga parit Inpres di Gg Saudara dipenuhi lumpur dan sampah. Sehingga air yang meluap dari Patumbak tidak tertampung. Warga minta supaya Dinas Bina Marga Kota Medan dapat melakukan pengorekan parit disana.
 
Ketika kondisi tersebut dikonfirmasikan kepada Kepala Dinas Bina Marga Kota Medan Ir Khairul Syahnan, Jumat (2/9) mengatakan, terjadinya banjir di Sp Amplas karena derasnya saluran air dari Patumbak dikarenakan minimnya resapan air. Sementara gorong gorong di Sp Amplas yang melintasi Jl SM Raja dinilai tidak memadai lagi.
 
Dalam hal ini Khairul Syahnan mengaku harus berkordinasi terlebih dahulu dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut dan Pemprovsu penambahan atau memperbesar gorong gorong. Begitu juga dengan pembuatan waduk penampung sementara perlu kordinasi dengan Pemkab Deli Serdang.         
 
Sedangkan terkait perbaikan parit di sisi kanan-kiri Jl Pertahanan menuju Patumbak, menurut  Khairul Syahnan berjanji akan diprogramkan masuk musrenbang. Namun untuk itu perlu dukungan dari Kepling mapun Lurah setempat.  
 
Sementara itu, anggota DPRD Medan Deni Maulana Lubis asal daerah pemilihan (dapil) I mendesak Pemko Medan supaya segera memperbaiki infrastruktur di Medan Amplas. Menurut pilitisi Nasional Demokrat ini, warga Amplas sudah lama mengeluhkan kondisi parit Inpres dan goronggorong di Sp Amplas. Untuk itu Pemko Medan kiranya memprioritaskan perbaikan parit disana.
 
Masih menurut Deni, Dinas Bina Marga Medan diharapkan dapat memprioritaskan kondisi yang urgen. Apalagi saat ini musim hujan perlu ada normalisasi parit dan sungai. “Pemko Medan wajib memperhatikan dan menyahuti keluhan warganya. Apalagi kepentingan yang bersifat umum. Jangan menunggu warga harus marah,” ujar Deni Mauana Lubis.
foto: banjir di sp amplas(SB/01/L)

Comments

Tinggalkan Balasan