Dua Mahasiswa UNPRI Raih Juara Pemilihan Duta Bahasa Prov. Sumut 2016

Dina Anggraini dan Adi Putra Rajagukguk foto bersama usai Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) 2016. Foto-SB/ist)
Dina Anggraini dan Adi Putra Rajagukguk foto bersama usai Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) 2016. Foto-SB/ist)

Sentralberita| Medan~ Dua mahasiswa terbaik Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, Dina Anggraini dan Adi Putra Rajagukguk, menjuarai Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) 2016.
Dina Anggraini, mahasiswi prodi Akuntansi semester V Fakultas Ekonomi UNPRI ini, berhasil menyisihkan lawan-lawannya hingga babak final dan meraih Juara I, sehingga dara berparas rupawan dan Miss Photogenic UNPRI 2015 ini menyabet predikat Duta Bahasa Provinsi Sumut 2016.
Mahasiswi berusia 21 tahun multi talent ini, akan bersaing dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional di Jakarta Oktober mendatang mewakili Prov. Sumatera Utara.Tidak kalah dengan rekan sekampusnya, Adi Putra Rajagukguk, mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi UNPRI ini juga berhasil meraih predikat Juara Favorit pada ajang bergengsi tersebut.
Keberhasilan dua mahasiswa UNPRI ini tidak lepas dari kerja keras dan doa yang telah mereka kerahkan. Dukungan penuh dari keluarga dan segenap sivitas akademika UNPRI tentunya juga menjadi penyemangat tersendiri bagi mereka untuk menorehkan prestasi terbaik demi nama baik Universitas Prima Indonesia di Sumatera Utara.
Ketua BPH UNPRI Dr Tomy Leonard SH MKn, Rabu (28/9/2016) mengatakan,  hal ini memang telah menjadi misi UNPRI untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa mencetak prestasi di berbagai ajang, baik akademik maupun non-akademik di luar kampus.
“Semua prestasi yang ditorehkan mahasiswa akan mendapatkan apresiasi dari kampus, termasuk untuk mendukung kesuksesan Dina Anggraini di level nasional Oktober mendatang di Jakarta,” kata tokoh pendidikan Sumut ini.Sebagaimana yang diketahui, Pemilihan Duta Bahasa Prov. Sumut 2016 ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 22 s.d. 24 September 2016.”Kompetisi tahunan besutan Balai Bahasa Sumatera Utara ini didesain untuk mendapatkan Duta Bahasa yang memiliki kecerdasan yang seimbang antara IQ, EQ, dan SQ, “ucap salah satu Dewan Juri Dian Syahfitri SS MHum, yang juga Duta Bahasa Prov. Sumut tahun 2008.Tidak heran jika berbagai kategori tes, termasuk wawancara kepribadian harus dilalui oleh semua peserta. Untuk tahun ini, sebanyak 65 orang mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh PTN/PTS se-Provinsi Sumatera Utara mendaftar sebagai peserta.Namun, setelah melewati berbagai tes, termasuk presentasi tentang ide atau gagasan tentang kebahasaan, hanya 20 finalis putera dan puteri saja yang berhak masuk ke acara puncak.
Malam puncak Pemilihan Duta Bahasa Prov. Sumatera Utara 2016 bertajuk Mulia Bahasamu, Rupawan Parasmu ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 September 2016 bertempat di Hotel Garuda Plaza Jalan SM. Raja Medan.
Pada acara puncak, dewan juri menetapkan 10 finalis putera dan puteri, dan pada babak berikutnya mereka diwajibkan menjawab pertanyaan yang diambil secara acak oleh panitia.Inilah babak yang paling menentukan, karena tidak satupun diantara finalis yang tahu dengan butir pertanyaan yang akan diberikan dan jawaban mereka menjadi penilaian terakhir bagi keenam dewan juri.
Setelah melewati musyawarah yang sangat alot, untuk kategori puteri, para dewan juri menetapkan Dina Anggraini sebagai Duta Bahasa Prov. Sumut 2016, dan untuk kategori putra diraih oleh Agung Qosym dari USU.Selanjutnya mereka berdua secara intens akan diberi pembekalan dan berbagai persiapan di Balai Bahasa Sumut, untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2016 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang di Jakarta. (SB/1)

 

Comments

Tinggalkan Balasan