Dinas Koperasi Dan UMKM Labura Latih Pengurus Koperasi

Dinas Koperasi Dan UMKM Labura Latih Pengurus Koperasi (Foto-SB/Wandi)
Dinas Koperasi Dan UMKM Labura Latih Pengurus Koperasi (Foto-SB/Wandi)

Labura, (Sentral Berita)-Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Kabupaten Labuhanbatu Utara ( Labura ) Sumatera Utara, melakukan pendidikan dan pelatihan terhadap pengurus dan pelaku koperasi yang ada di Kabupaten Labura.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan perkoperasian dan dilaksanakan mulai tanggal 5 September sampai dengan 9 September di Aula Grans Hotel Labura.

Kadis Koperasi dan UMKM Labura Drs. Subekti MPd kepada wartawan menyampaikan, kegiatan ini diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari para pengurus dan pelaku koperasi yang ada di Kabupaten Labura. Dan turut hadir sebagai nara sumber sekaligus sebagai pelatih Parluhutan Dalimunthe SE dari Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara.

Dijelaskannya, adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus dan pelaku koperasi tentang managemen perkoperasian. Dengan demikian dapat mewujudkan koperasi yang modern dengan pengelolaan secara profesional.

Dari 163 jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Labura tidak semuanya aktif. Menurutnya, hal ini disebabkan salah satunya karena masih minimnya pengetahuan para pengurus maupun anggota dalam pengelolaan manegemen perkoperasian.

“Dengan mengembangkan dan memajukan koperasi dan UMKM diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai penggerak ekonomi kerakyatan” ungkapnya kepada awak media, Kamis (8/9).

 Hal senada juga disampaikan Parluhutan Dalimunthe SE yang hadir sebagai narasumber dan pelatih dalam kegiatan ini. Adapun salah satu materi pokok yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah terkait akuntansi dan pembukuan. Dimana para pengurus koperasi dilatih untuk managemen akuntansi dan pembukuan koperasi yang baik dan yang benar.

Menurutnya, banyaknya koperasi yang tidak aktif disebabkan karena managemen akuntansi dan pembukuannya yang kurang baik. Selain itu, banyak koperasi yang lahir dilatar belakangi semata karena bantuan. ” Sehingga jika bantuan tidak ada maka koperasinya berhenti” terangnya. (SB/Wandi)

Teks Foto:
Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Subekti.MPd saat memberikan penjelasan para peserta pelaku koperasi

Comments

Tinggalkan Balasan