Berangkatkan Kontingen Sumut, Erry: 14 Juta Warga Sumut Do,akan Bawa Pulang Prestasi

Kontingen PON XIX PON Sumut diberangkat, Erry, foto bersama dengan para pembina dan atlet (foto-SB/01)
Kontingen PON XIX PON Sumut diberangkat, Erry, foto bersama dengan para pembina dan atlet (foto-SB/01)

Medan, (Sentralberita )-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir.HT  Erry Nuradi melepas keberangkatan Kontingen Sumut untuk mengikuti Pekakn Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Bandung, Jawa Barat 17 hingga  29 September.
Acara pemberangkatan yang digelar di Aula Martabe Kantor Gubsu, Sabtu (10/5) siang, ditandai dengan penyerahan pataka bendera Sumut oleh H.T Erry Nuradi kepada Ketua Kontingen John Ismadi Lubis.
“Selamat berjuang Patriot Olahraga Sumut. Jangan pernah sedikit pun gentar menghadapi lawan. 14 juta warga provinsi ini mendoakan kalian. Kami semua ingin kalian pulang membawa prestasi sehingga nama provinsi yang kita cintai ini kian berkibar di tingkat nasional,” kata Erry.
Pada acara yang turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi,  Para Penasehat KONI Sumut, Ketua Umum KONI Sumut H Gus Irawan Pasaribu beserta para pengurus, pimpinan KONI Kota Kabupaten se-Sumut dan undangan lainnya, Gubsu mengajak seluruh atlet untuk bersyukur karena terpilih menjadi duta olahraga provinsi ini.  “Menjadi duta provinsi merupakan kebanggan tersendiri , apalagi sebelumnya harus melewati berbagai seleksi.  Anugerah ini hendaknya dapat ditebus dengan raihan prestasi,” katanya. 
Karena itu pula, Erry berharap, peringkat Sumut nantinya bisa lebih baik. “Jika di PON XVIII/2012 di Riau,  Sumut peringkat delapan, kami berharap di PON XIX/2016 Jabar, peringkat kita bisa lebih baik,” ujarnya.
Ia juga mengharapkan para atlet menanamkan rasa mencintai dan memiliki, karena dengan  tertanamnya dua hal tersebut, tentu yang dilakukan adalah guna meraih hasil terbaik.”Semangat berjuang harus ditanamkan di dada. Artinya jangan merasa rendah karena melihat orang lain yang memiliki fasilitas lebih. Yakinlah dengan semangat yang tinggi, walapun serba keterbatasan, kita akan mampu melewatinya dan mampu meraih prestasi,” katanya.
Gubsu menegaskan, Pemprovsu sudah menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi yang diharapkan dapat menjadi motivasi dan penambah semangat untuk  mengukir prestasi.
Meski tidak menyebutkan nilai rupiahnya, namun Erry berjanji bonus itu nanti bisa digunakan untuk membeli rumah.
Di sisi lain, Gubsu juga meminta perhatian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  agar memberikan reward kepada pelaku olahraga khususnya atlet untuk bisa dipekerjakan.
 “Dengan target 20 medali emas, tentu hal yang bukan hal sulit bagi BUMD di Sumut mempekerjakan mereka . Kalo tidak mampu mengundurkan diri saja dari direktur. “ tegas Erry.
Sebelumnya  Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan dalam sambutannya mengatakan, PON merupakan event strategis dalam pembinaan atlet dan menjadi tolak ukur atas latihan selama ini.
Karena itu, pihaknya pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang selama ini memberikan perhatian penuh terutama pada saat pelatda.
Dijelaskan, pada PON  XVII/2008 di Kaltim,  Sumut menduduki peringkat ke tujuh dengan 20 emas, 11 perak, 29 perunggu. Sedangkan PON XVIII/Riau di posisi delapan dengan 15 emas, 19 perak dan 23 perunggu. Kita berharap PON XIX/2016 di Jabar minimal bertahan di posisi 8 Besar
Sementara, Ketua Kontingen  John Ismadi Lubis di awal acara melaporkan, kontingen Sumut berkekuatan 482 personil,  terdiri dari 309 atlet (177 putra dan 132 putri), 77 pelatih (72 putra dan 5 putri), 15 manager, 3 mekanik dan  78 official. Sumut mengikuti 35 cabang olahraga dari 44 yang dipertandingkan.
Di antara cabor yang diikuti, golf dan drumband sudah lebih dulu bertolak ke Bandung. Sedangkan yang lainnya berangkat secara bertahap  hingga 22 September mendatang. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan