TPS Liar di Medan Johor Dibersihkan

gotonMedan, (Sentralberita)- Dinas  kebersihan bekerjasama dengan Dinas Bina Marga Kota Medan serta jajaran Kecamatan Medan Johor membersihkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di Jalan Stasiun, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Jumat (26/8). Selain menebarkan aroma kurang sedap, keberadaan TPS liar ini juga membuat kawasan  sekitar  sangat semrawut, jorok dan dipenuhi  sampah yang berserakan.

 Selain karena keluhan warga yang bermukim dis ekitar TPS, pembersihan ini dilakukan untuk mendukung program Jumat Bersih yang telah dicanangkan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Untuk membersihkan TPS liar yang sudah belasan tahun beroperasi itu, Dinas Kebersihan menggunakan 1 unit alat berat  milik Dinas Bina Marga dan 15 unit truk.

Kadis Kebersihan, Endar Sutan Lubis memimpin langsung pembersihan didampingi Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti. Sedikit demi sedikit tumpukan sampah berhasil dibersihkan dan diangkut dengan menggunakan truk.  Fokus pembersihan sampah yang berada di pinggiran Jalan Stasiun.

Menurut Endar, usai  pembersihan dilakukan, bagian depan lahan kosong yang dijadikan TPS itu kemudian dipagar. Hal itu dilakukan untuk mencegah warga leluasa membuang sampah seperti yang dilakukan selama ini.  Kemudian Endar minta Camat Medan Johor menurunkan anggotanya  untuk menjaganya.

Pria berkacamata ini selanjutnya mengungkapkan, pembersihan TPS liar merupakan prioritas utama yang dilakukan Dinas Kebersihan setiap Jumat. Untuk itu dia minta kepada seluruh camat yang ada TPS liar di wilayahnya segera melaporkan guna dilakukan pembersihan. “Kami minta laporan diterima sebelum hari Jumat,” ujarnya.

 Sementara itu Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti mengatakan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk menghentikan warga membuang sampah di lokasi tersebut. Malah sejak 2 bulan belakangan ini, Khoir mengaku telah menurunkan anggotanya untuk melakukan penjagaan mulai pagi sampai petang hari. (SB/01/H)

Comments